Sistem Penyelenggaraan Manasik Haji Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Calon Jamaah Haji

Riskayanti Asmini, Aminudin Aminudin, Samsuri Samsuri, Samsu Samsu

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan: Sistem penyelenggaraan manasik haji dalam meningkatkan efektivitas pelayanan calon jama’ah haji dan Faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan manasik haji dalam meningkatkan efektivitas pelayanan calon jama’ah haji pada Kantor Kementrian Agama Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian ini adalah Sistem penyelenggaraan manasik haji juga sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan perencanaan serta prosedur kerja yang telah ditetapkan. Faktor pendukung sistem penyelenggaraan manasik haji terhadap efektifitas pelayanan calon jama’ah haji ialah (1) Kemauan dan semangat dari jama’ah, (2) Sarana dan tempat yang memadai, (3) Narasumber yang mumpuni di bidangnya, (4) SDM yang dimiliki Kantor Kementerian Agama Kota Kendari. Sedangkan dari faktor penghambatnya sendiri, yaitu: (1) Biaya haji meningkat drastis, (2) Banyak jama’ah yang terpaksa menunda keberangkatan, (3) Terlambatnya anggaran biaya masuk, (4) Waktu manasik yang kurang

References


Abdal. (2021). Implementasi Kebijakan Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Jamaah Haji Di Kabupaten Garut. Jurnal Inovasi Penelitian, Volume 2 Nomor 1, 129.

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan- Sidooarjo). Jurnal Pendidikan Anak, Volume 9 (1), 59.

Ahmad Mardalis, d. (2017). Fungsi Manajemen Dalam Islam. 148.

Basri, R. (2015). Efektivitas pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji pada KUA Kecamatan di Kota Padang. Jurnal Harmoni, 162.

Batlajery, S. (2016). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 140.

Burhanudin Gesi, d. (2019). Manajemen dan Eksekutif. Jurnal Manajemen, 53.

Daryanto, d. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dipta Kharisma, T. Y. (2017). Efektivitas Organisasi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. Jurnal Departemen Administrasi Publik, 234.

Dwiyama, F. (2018). Unsur Manajemen Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 677-681.

Ferdian Arie Bowo, d. (2022). Efektivitas Pelayanan Publik Dasar Dalam Perspektif Kualitas Pelayanan. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 106.

Hamdi. (2020). Penerapan Fungsi Manajemen Pada Kantor Kelurahan Rantau Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin. Jurnal Ekonomi Bisnis, 157.

Hamid, N. (2020). Manajemen Haji dan Umrah. Daerah Istimewa Yogyakarta: Semesta Aksara.

Haq, R. d. (2014). Perencanaan Strategis dalam Perspektif Organisasi. Jurnal Intekna, 103.

Hidayatulloh, M. T. (2016). Implementasi Bimbingan Manasik Haji Oleh Kementerian Agama di Kabupaten Gorontalo. Jurnal Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi, Volume 02 No. 02, 168.

iseu Susilawati, d. (2016). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji. Jurnal Manajemen Dakwah, 194.

Marinim, H. T. (2006). Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia.

Bogor: Grasindo.

Muna, A. B. (2022). Organizing Hajj Manasik as an Effort to Increase Knowledge of Hajj Prospective Hajj Pilgrims at the Office of the Ministry of Religion of Enrekang Regency. Jurnal Edumaspul, Volume 6, 240.

Muslim Hasbiyalloh, D. A. (2018). Aplikasi Penjualan Barang Perlengkapan Handphone Di Zildan Cell Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Jumantaka, Volume 1, 62.

Noor, M. (2018). Haji dan Umrah. Jurnal Humaniora dan Teknologi, Volume 4, Nomor 1, 40-41.

Noor, M. (2018). Haji dan Umrah. Jurnal Humaniora dan Teknologi, Volume 4, Nomor 1, 39-40.

Noor, M. (2018). Haji dan Umrah. Jurnal Humaniora dan Teknologi, Volume 4, 38.

Nur, D. M. (2020). Manajemen Penyelenggaraan Ibadah Haji. Journal Universitas Islam Negeri Raden Fattah, Volume 3, 12.

Nuri, M. (2014). Pragmatisme Penyelenggaraan Ibadah Haji di Indonesia.

Jurnal Filsafat dan Budaya Hukum, 144.

Putra, A. E. (2015). Peranan Pengawasan dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Kereta Api (Persero) Divisi Regional III Sumatera Selatan. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 57.

Rachmadi, A. (2014). Studi Tentang Rekrutmen Calon Jamaah Haji Dalam Keberangkatan Ke Saudi Arabia Di Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda. Journal Ilmu Pemerintahan, Volume 2, 2376-2377.

Rohmah, N. (2019). Pengawasan Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur'an dan Hadist. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 38-39.

Saprun, M. (2022). Efektivitas Bimbingan Manasik Haji dan Umrah di Masjid Riadhlus Sholihin Dusun Bertais. Jurnal Program Studi PGMI, Volume 7, 4.

Sinambela, d. (2017). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Sulthoni, A. (2014). Sistem Informasi E-Commerse Pemasaran Hasil Pertanian

Desa Kluwan Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi, 4.

Sumehi, E. (2022). Konsep Manasik/Nusuk dalam Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Al Mu'ashirah, Volume 19, No. 1, 5.

Syamsuddin. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Idaarah, 66-67.

Yudhi Lestanata, U. P. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Program Pembangunan Berbasis Rukun Tetangga di Kabupaten

Kebijakan Publik, Volume 3, 3




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v4i1.9384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Munazzam : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah