Manajemen Pelaksanaan Tradisi Pilumea’ano We’e Dalam Mengembangkan Dakwah Di Desa Bola Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan

La Ode Muhammad Fazril, Asliah Zainal, Nurdin Nurdin, Hasan Basri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan manajemen dalam pelaksanaan tradisi Pilumea’ano We’e di desa bola, kecamatan batauga, kabupaten buton selatan. (2) Untuk mengetahui bentuk dan eksistensi tradisi Pilumea’ano We’e di desa Bola, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan. (3) Untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi Pilumea’ano We’e di desa Bola, kecamatan Batauga, kabupaten Buton Selatan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tradisi Pilumea’ano We’e telah menjadi budaya yang sangat mengakar dalam kehidupan masyarakat. Dalam pelaksanaanya perlu dipersiapkan berbagai hal pendukung dan perlengkapan untuk pelaksanaan tradisi. Dalam tradisi Pilumea’ano We’e terdapat beberapa pesan dakwah yang terkandung dalam prosesi tradisi diantaranya menguatkan silaturahmi, mengawali segala sesuatu dengan berdoa, semangat gotong royong dan tolong menolong serta memuliakan tamu.

References


Nurnazmi, T.A., & Hamiruddin. (2022). Pesan Dakwah Pada Budaya Teka Ra Ne’E Dalam Acara Pernikahan Di Kec. Parado Kab. Bima.

Munawir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka

Progresif.

Prilatmoko, P. (2022). Unsur-Unsur Dakwah Nabi Muhammad pada Keluarganya

Sa’atuzzamani, F. MK. Pengantar Ilmu Komunikasi Sub Pokok Bahasan: Definisi Komunikasi dan Organisasi.

Nurnazmi, T.A., & Hamiruddin. (2022). Pesan Dakwah Pada Budaya Teka Ra Ne’E Dalam Acara Pernikahan Di Kec. Parado Kab. Bima.

Hani, H. T. (2000). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Edisi II, Cetakan Keempat Belas, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Pratama, R. (2020). Pengantar Manajemen. Sleman : Deepublish




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v4i1.9391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Munazzam : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah