Analisis Kesalahan Penyebutan Huruf dalam Membaca Teks Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII di Mts Darul Mukhlisin Kendari

Nur Syamsiah, Abdul Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan pengucapan huruf dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Mukhlisin Kandari, faktor penyebabnya dan upaya yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab dalam mengatasi kesalahan pengucapan huruf ketika membaca teks bahasa Arab. Adapaun metode yang digunakan peneliti  dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yakni 30 siswa, 1 guru bahasa Arab dan 1 kepala sekolah MTs Darul Mukhlisin Kendari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan pengucapan huruf dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Mukhlisin Kandari  dalam penelitian ini dibagi menjadi lima kategori, yaitu kesalahan pengucapan huruf tenggorokan sebanyak 19 dari 38 kesalahan, kemudian kesalahan kesalahan pengucapan huruf lidah sebanyak 11 dari 38 kesalahan, kesalahan pengucapan huruf bibir sebanyak 1 dari 38 kesalahan, kesalahan pengucapan huruf rongga mulut sebanyak 5 dari 38 kesalahan, dan  kesalahan pengucapan huruf rongga hidung sebanyak 1 dari 38 kesalahan. Seperti pada hasil di atas, bentuk huruf kesalahan tenggorokan lebih banyak dari yang lain dengan 19 dari 38 kesalahan. Faktor- faktor penyebab terjadinya  kesalahan pengucapan huruf dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul mukhlisin kendari dibagi menjadi 4 faktor, yaitu faktor interlingual transfer, faktor intralingual transfer, faktor konteks  pembelajaran., dan faktor strategi pembelajaran. Adapun Upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab untuk mengatasi masalah kesalahan penyebuta huruf dalam membaca teks bahasa arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Mukhlisin yakni dengan  mengoreksi  secara       efektif  aktif,    mengoreksi sensitifitas/ kepekaan penutur , mengoreksi kemampuan siswa dan mengoreksi dalam dua langkah yakni mengoreksi apa yang dikatakan siswa dan mengapa (alasan)  mereka mengatakan itu.

Kata kunci: analisis, kesalahan, pengucapan huruf, membaca teks Arab


Full Text:

PDF

References


Ali, A. Nawawi. 1001. Pedoman Membaca Al-Qur’an (ilmu tajwid). Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.

Amri, Darwis. 2014. Metedologi Penelitian Pendidikan Islam Pengembangan Ilmu Berparagdigma Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Bungi, Burhan.2011. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raya Grafindo Persada.

Chaer,Abdul. 2007. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Doni Ahmad Ramadan. 2014. Leksikologi, “Kajian Semantik”. Malang: Universitas Islam, Pemerintah Malang.

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hisham, Al-Zaini. 2008. Al-Khalimi dan perannya dalam mengembangkan kamus bahasa Arab. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Seni, Universitas Sunan Kalijaga.

Henry Guntur Tarijan.2008. Reading as a Language Skill. Bandung: Angkasa Bandung.

Jasa Ungguh Muliawan. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Morgono.2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Taufiqurrochman. 2008. Leksikografi Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press.

Safitri. 2015. Analisis Kesalahan Fonologis dalam Bacaan Surah Al-Fatihah(Studi Deskriptif terhadap Kesalahan Fonologis pada Suku-suku Indonesia dalam Membaca Surah Al-Fatihah. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Surakarta: Fairuz Media.

Syihabuddin. 2001. Teori dan Praktek Penerjemah Arab-Indonesia. Jakarta: Dirjen.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan, 1011, Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa . Bandung: Penerbit angkasa Bandung

Batmang. 2013. Kesalahan Fonologis dalam Berbicara Bahasa Arab pada Mahasiswa Matrikulasi STAIN Kediri. Jurnal pendidikan islam Vol. VIII No. 1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan STAIN Sultan Qaimuddin Kendari. Di akses https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-izzah/article/view/85 pada tanggal 15 November 2020, pukul 20:00 WITA.

C.Wahyuni. 2015. Interferensi Bahasa dalam Maharah Kalamdan Kitabah Studi Analisis pada Mahasiswa PBA UIN Walisongo Semester V Tahun 2014. Tesis. Yogyakarta.

Fahrunnisa, Nisda .2019.Analisis Kesalahan Qira’ahDalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XIIIS 2 MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak. Skripsi. Demak. Di akses http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40861/Pada 2 Juni 2021

Najah, Zughrofiyatun,dan Agustina Arizka. 2020. Analisis Kesalahan Semantik pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Radenn Intan Lampung. Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Al Fatih Vol.3, No 01 Edisi Januari-Juni 2020. Di akses https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/al-fathin/article/view/2043/1679 Pada 5 Juni 2021

Umroh, Latifatul. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Universitas Darul 'Ulum Lamongan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora Dar El-Ilmi Volume 5, No.2 Oktober 2018. Di akses

http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1318/823Pada 7 Juni 2021

عبد العزيز عبد الرئوف. 2011 . دليل دورة القرآن. مركز القرآن: جاكرتا

سامي يوسف و عبد الرؤوف. 2005. كتابة المقالة. دار عالم الثقافة: عامن




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i1.6905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.