Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Sosial Whatsapp pada Siswa Kelas 12 Agama di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kolaka

Amalia Nur, Zuleaha Zuleaha

Abstract


Penelitian dilakukan dalam rangka memperjelas proses, teknik serta kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran bahasa arab melalui media whatsapp pada siswa kelas 12 Agama secara online (dalam jaringan) di masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kolaka. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Tiga metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan pada kepala sekolah (1 orang), Guru bahasa arab (2 orang), dan Siswa kelas 12 keagamaan (10 orang). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran bahasa arab melalui whatsapp yaitu melalui penyusunan bahan ajar oleh guru berupa pembuatan video atau rekaman suara yang berisi penjelasan tentang materi yang diajarkan. 2) teknik yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab melalui whatsapp adalah teknik ceramah, tanya jawab dan penugasan. 3) manfaat dan kekurangan whatsapp: (a) manfaatnya ialah membantu guru dan siswa dalam pembelajaran onlime di masa pandemi covid-19 dan kekurangannya, siswa kesulitan memahami materi pembelajaran yang telah diberikah guru. Whatsapp membantu guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa arab melalui daring selama pembelajaran dilakukakan dari rumah.

Kata Kunci: Whatsapp, Bahasa Arab


Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi dan Johan Setiawan, (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak.

Arsyad, Azhar, (2003). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Efendi, Albert Pohan, (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah,

Purwodadi: CV. Sarnu Untung.

Ermayulis, S. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring di Tengah Pandemi Covid-19. https://www.stit-alkifayahriau.acid/penerapan-sistem-pembelajaran- daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/

Hamzah B. Uno. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar mengajar yang kreatif dan Efektif. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Jauhar, Nasiruddin Idris. (2014). Ta’liymi al-lughah al-arabiyah li natiqiyna bi ghairiha ab’adahu as-tsaqaafi. Ullumuna Jurnal Studi Keislaman, Volume 18, No. 1.

Mubarok, Ulfa Zainul. Prosiding Konferensi Nasional bahasa Arab II, Proses Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab yang Efektif dan Menyenangkan, Malang, 15 November 2016.

Mulu, Beti, (2011). Pembelajaran Bahasa Arab, Kendari : LPSK Quantum

Muh. Sain Hanafy, Jurnal Pendidikan: Konsep Belajar dan Pembelajaran, Lentera Pendidikan, Vol.

No. 1 Juni 2014.

Sugiono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Suardi, Moh, (2018). Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta : Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i1.6906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.