Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas XI di MA Muhammadiyah Bombana Diera Covid 19

Marliati Marliati, Imelda Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui efektifitas metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab selama pandemi covid 19 dan faktor-faktor penghambat pembelajaran bahasa Arab dengan penggunaan metode langsung selama pandemi covid 19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab, kepala Madrasah, dan siswa-siswi Madrasah Aliyah Muhammadiyah Bomba, lokasi tempat penelitia ini di MA Muhammadiyah Bombana, waktu yang digunakan dalam penelitian ini sekitar 3 bulan dari bulan November 2020 sampai Januari 2021, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan  dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup tiga hal yaitu: reduksi data, display data, dan verifikasi data. Setelah dilakukannya penelitian ini maka peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab selama pandemi covid 19 berjalan tidak efektif karena beberapa indikator efektifitas pembelajaran bahasa Arab yang hilang ketika sedang melaksanakan proses pembelajaran secara daring, kemudian faktor-faktor penghambat penggunaan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab selama masa pandemi covid 19 di Madrasah Aliyah Muhammdiyah Bombana , terdapat dua faktor yaitu faktor internal. Dan faktor eksternal.

Kata Kunci : Metode Langsung, Pembelajaran Bahasa Arab


Full Text:

PDF

References


Asrori, I. ( 2012). Strategi Belajar Bahasa Arab : Teori dan Praktik. Malang: Misykat Indonesia.

Effendi, A. F. (2002). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Misyka.

Fadhillah, U. (2021, desember Jum'at). Latar Belakang Profil Madrasah. (Marliati, Pewawancara)

Fadhillah, U. (2020, Desember Jum'at). Masalah Yang dihadapi Selama Pandemi Covid 19. (Marliati, Pewawancara)

Fadhillah, U. (2021, januari kamis). Proses Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Langsung. (Marliati, Pewawancara)

Fitri. (2021, Januari Selasa). Faktor Penghambat Penggunaan Metode Langsung pada Pembelajaran Bahasa Arab. (Marliati, Pewawancara)

https://www.maxmanroe.com. (t.thn.). Metode Penelitian Kualitatif. artikel online diakses pada tanggal 25 April 2020 .

Junaidi. (2021, Januari Jum'at). Faktor Penghambat Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Langsung. (Marliati, Pewawancara)

Kuraedah, S. (2015). Aplikasi Mahasrah Kitabah pada pembelajaran bahasa Arab. Al-ta'dib.

Marlina, L. (2016). Efektifitas Metode Langsung Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. jurnal Al-Tsaqa Vol. 13 No.02 Juli , 212.

Muna, W. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta.

Nirwanto. (2021, Januari Sabtu). Faktor Penghambat Penggunaan Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sela Pandemi Covid 19. (Marliati, Pewawancara)

Rohmadi, A. (2008). Problematika Imla' Dalam Pengajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII Wonokromo. thesis, Universitas Islam Negeri Sunan kali Jaga .

Soetopo, H., & Soemonto, W. (1986). Pembinaan dan Pengembangan Sebagai Subtansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara.

Sugiyono, P. D. Metodologi Penelitian. Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suriyani. (2021, Januari Jum'at). Faktor Penghambat Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Langsung. (Marliati, Pewawancara)

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya . Jakarta: Rineka Cipta.

Wasit, & Sunendark. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i1.6907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.