Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII Mts Lemo Bajo Wawolesea Konawe Utara

Nirma Sya'adah, Beti Mulu

Abstract


Minat belajar merupakan faktor psikologis internal yang sangat berpengaruh dan berperan penting dalam proses kegiatan belajar dan perkembangan belajar siswa serta keberhasilan siswa dalam belajar.Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII Mts Lemo Bajo Wawolosea Konawe Utara. (2) Mengetahui Faktor- faktor yang mempengaruhi minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII Mts Lemo Bajo Wawolosea Konawe Utara. (3) Mengetahui upaya guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII Mts Lemo Bajo Wawolosea Konawe Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Lemo Bajo Kurang baik. Hal ini ditunjukkan dari hasil jawaban wawancara yang dilakukan peneliti. Adapun Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII Mts Lemo bajo disebabkan oleh dua faktor yaitu: (1) Faktor Internal seperti Kurangnya perhatian siswa, minat siswa dalam belajar bahasa Arab, kemauan siswa untuk belajar bahasa Arab, rasa ingin tahu siswa dalam belajar bahasa Arab, motivasi diri sendiri, dan kesemangatan, (2) Faktor Eksternal seperti keluarga dan lingkungan. Adapun faktor yang mempengaruhi minat belajar bahasa Arab siswa MTs Lemo Bajo yaitu lingkungan yang kurang mendukung, pengaruh terhadap teman- teman sebaya, kurangnya dukungan dari keluarga, dan kurangnya fasilitas pembelajaran seperti buku- buku bahasa Arab.

Kata Kunci: Minat siswa, bahasa Arab, Faktor-faktor yang mempengaruhi minat


Full Text:

PDF

References


Aslikhah, A. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Salafiyah Bantarsari Cilacap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, 3.

Akbar, H. U. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fakhri, M. A. (2017). Keinginan siswa untuk belajar bahasa Arab dan dampaknya terhadap pencapaian pendidikan di SMP Negeri Islam Aceh 1 Banda Aceh. Skripsi, 23.

Hermawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hardiyani, W. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan untuk belajar bahasa Arab bagi siswa kelas tujuh sekolah menengah pertama negeri, Lampung Timur. Skripsi, 22.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung

Alfabeta. Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syardinah. (2016). Hubungan Motivasi Terhadap Prestasi Belaja Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Universitas Samudra.

Sinta Kartika, H. d. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol.7, No .1, 120.

Wahnan, L. E. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran bahasa Arab bagi siswa di Sekolah Mediasi Islam Negeri 1 Mojokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i1.6908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.