Hubungan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Fastabiqul Khaerat DDI Ladongi Kolaka Timur

Nur Aliah, Sitti Kuraedah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Untuk mengetahui kemampuan menghafal al-qur’an dan prestasi belajar bahasa arab siswa madrasah aliyah fastabiqul khaerat ddi ladongi kolaka timur. 2) Untuk mengetahui hubungan kemampuan menghafal al-qur’an dengan prestasi belajar bahasa arab siswa madrasah aliyah fastabiqul khaerat ddi ladongi.Penelitian ini merupakan penelitian korelasi pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa madrasah aliyah fastabiqul khaerat  . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 siswa madrasah aliyah fastabiqul khaerat. Metode pengumpulan data terdiri dari angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengukur kemampuan menghafal al-qur’an dan dokumentasi untuk mengumpulkan data nilai siswa. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adlah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan menghafal al-qur’an dengan prestasi belajar bahasa arab siswa madrasah aliyah fastabiqul khaerat ddi ladongi. Melalui analisis korelasi Product Moment diperoleh harga rhitung sebesar 0,690, sedangkan harga rtabel dengan N=55 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,266. Jadi harga rhitung lebih besar dari harga rtabel  (0,690 > 0,266) sehingga hubungan antara kemampuan menghafal dengan prestasi belajar bahasa arab siswa madrasah aliyah fastabiqul khaerat  positif dan signifikan.

Kata Kunci: kemampuan menghafal, prestasi belajar, pembelajaran bahasa arab


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (1994). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Jonathan, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maryam, K. S. (2019). Studi Perbandingan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an dengan Metode Kaisa dan Metode wafa dalam menghafal Al-Qur'an pada Anak Usia Dasar di Rumah Tdabbur Al-Qur'an Kendari. Jurnal Pendidikan Islam, no 1.

Nawabin, A. R. (1991). Teknik Menghafal Al-Qur'an. Bandung: CV. Sinar Baru.

Sa'dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani.

Sudjono, A. (2001). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D . Bandung: Alfabeta.

Winkel, W. (1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi. Jakarta: Erlangga.

Zen, M. (1985). Tata Cara atau Problematika Menghafal Al-Qur'an dan Petunjuk-petunjuknya. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Zubaidillah, M. H. (2017). Nilai-nilai Pendidikan Adversity Quotien Pada Cerita Nabi Musa dalam Alquran. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 11 No. 24.

Zuhri, M. (1981). Pelajaran Tajwid. Kudus: Menara Kudus.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i1.6909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.