KESULITAN MENULIS HURUF HIJAIYYAH ANAK TPA DESA KARYA MULYA BUTON UTARA

Helvy Nurlela, Zulaeha Zulaeha

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan menulis huruf hijaiyyah dan
faktor- faktor yang mempengaruhi kesulitan menulis huruf hijaiyyah serta upaya guru dalam
mengatasi kesulitan menulis huruf hijaiyyah anak TPA Desa Karya Mulia Buton Utara. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data
yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ini bahwa
kesulitan anak dalam menulis bahasa Arab ada tiga yaitu kesulitan dalam menulis huruf hijaiyyah,
kesulitan dalam menyambung huruf, dan kesulitan dalam menulis sesuai makharijul huruf atau
huruf serupa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan menulis ada dua faktor yaitu
faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal yaitu (1) kurangnya minat anak dalam
belajar menulis bahasa Arab. (2) kurangnya motivasi diri sendiri. (3) kurangnya pengetahuan
kosakata. (4) kurangnya penguasaan kaidah penulisan bahasa Arab. (5) kurangnya kepercayaan
diri. (6) kemalasan. Adapun faktor eksternal yaitu
(1) lingkungan yang kurang mendukung. (2) kurangnya dukungan keluarga. (3) kurangnya bukubuku bahasa Arab. (4) pengaruh teman-teman sebaya. (5) kurangnya tenaga pengajar. Adapun
upaya guru dalam mengatasi kesulitan menulis huruf hijaiyyah anak TPA yaitu (1) dengan cara
memperjelas tujuan yang ingin dicapai. (2) membangkitkan minat dan motivasi anak. (3)
memberikan nasehat ataupun pujian yang wajar setiap keberhasilan anak. (4) memberikan hadiahhadiah kecil


References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul, M. M. dkk.(1976). Durus al-Lughah al’-‘Arabiyah, al-Ma’mal al-Lughawi bil

Jami’aha;-Islamiyah al-Hukumiyah. Sunan Ampel, Surabaya.

Agus, Rohmadi (2008) Problematika Imla’ dalam Pengajaran Bahasa Arab pada

Siswa Kelas VIII Wonokromo. Thesis, Universitas IslamNegeri Sunan KaliJaga.

Effendi, A. F. (2002). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Misyka.

Kuraedah, S. (2015). Aplikasi Maharah Khitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.

jurnalAt-Ta'dib. IAIN Kendari No.2 Vol.8 Juli-Desember.

Kurniawan, H. (2014). Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: ROSDA.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok : PT. Rajagrafindo

Persada.

Slameto. (2010). belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja

Rosdakarya

Sunendar, I. W. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja

RosdakaryaOffset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i2.8748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.