ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS IX-B MTs NEGERI 2 MUNA

Karmila Karmila, Fatirawahidah Fatirawahidah, Imelda Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan membaca siswa, penghambat
upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa, dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan
membaca siswa pada pembelajaran bahasa Arab di kelas IX-B MTs Negeri 2 Muna. Jenis penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan pada semester awal tahun ajar 2020/2021.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawanca, observasi, dan dokumentasi.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kesulitan membaca siswa dalam pembelajaran bahasa
Arab yaitu (1) latar belakang pendidikan siswa yang sebagian besar dari mereka lulusan dari Sekolah
umum, (2) rendahnya minat dan motivasi dari dalam diri siswa, (3) siswa belum bisa membedakan
sebutan huruf-huruf hijaiyyah yang mirip dan (4) metode penyampaian guru yang terlalu monoton.
Penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa yaitu (1) belum tersedianya
laboratorim bahasa (2) tidak tersediannya buku-buku bacaan berbahasa Arab dan (3) kurangnya
perhatian dan dorongan orang tua. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan membaca pada pembelajaran
bahasa Arab yaitu (1) adanya program TPQ di sekolah (3) kerja sama yang dilakukan guru bahasa
Arab dengan guru mata pelajaran al-Quran Hadits dan (4) bimbingan yang dilakukan guru ketika di
kelas kepada siswa yang kurang dalam membaca bahasa Arab.


References


DAFTAR PUSTAKA

Ainin, Moh. (2007). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Pasuruan: Hilal Pustaka.

Fatimah, Vety Nur. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX MTs

Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Skripsi: Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Fauzi (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah

Dasar. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 96.

Rahayu, Nenim Arum Sari. (2016). Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks

Bahasa Arab Siswa Kelas VIII G MTs Negeri Piyungan Bantul. Skripsi: UIN Sunan

Kalijaga.

Zulganef. (2013). Metode Penelitian Sosial & Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i2.8749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.