EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Ika Purnama Sari, Sitti Kuraedah

Abstract


Tujuan penelitian ini disusun adalah untuk melihat efektifitas penggunaan aplikasi google
classroom pada pembelajaran bahasa arab untuk siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1
Konawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk permasalahan pertama dan
pendekatan kuantitatif untuk permasalahan kedua, berbentuk penelitian eksperimental dengan jenis pre
experimental one group pretest posttest design. Pemilihan sampel menggunakan metode random
sampling yakni pemilihan secara acak berdasarkan kekuatan dan kestabilan jaringan internet yang
dimiliki siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Data
dianalisis dengan menggunakan analysis deskriptif dan statistik melalui aplikasi SPSS versi 24 dan
Ms. EXCEL. Hasil penelitian 1) penggunaan aplikasi google classroom pada pembelajaran bahasa
arab siswa kelas VII terdiri dari beberapa langkah-langkah: a) penjelasan tentang aplikasi oleh peneliti,
b) memberikan contoh tatacara bergabung pada kelas dunia maya dengan menggunakan kode kelas, c) penjelasan singkat terkait fitur-fitur dalam aplikasi, tatacara mengisi absensi, melihat tugas dan
mengirim jawaban, d) pelaksanaan pembelajaran dengan desain eksperimen. 2) pengujian hipotesis
pada penggunaan aplikasi google classroom pada uji t menunjukkan bahwa perolehan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dinyatakan lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan pengambilan keputusan pada uji
paired sample t tes, diketahui apabila hasil sig. (2-tailed) < alpha (0,05), maka h1 disetujui dan h0
ditolak, karena terdapat perbedaan yang signiikan antara nilai hasil belajar siswa sebelum dan setelah
diberi stimulus dalam peningkatan hasil siswa pada pembelajaran bahasa arab. Dengan demikian,
penggunaan aplikasi google classroom pada pembelajaran bahasa arab efektif bagi siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Konawe


References


DAFTAR PUSTAKA

إقبال، محمد. .2018فعالية تطبيق وسائل التعليم بر فولول لترقية مهارة الكلام للطلاب

الصف الثامن بمدرسة تربية الصبيان المتوسطة. بجامعة سونن أمبيل الإسلامية

الحكومية سورابايا.

المنى، نيل. .2019فعالية استخدام وسائل الخريطة الذهنية في التعليم النحو عند مادة اللغة

العربية لطلاب الصف الحادى عشر بالمدرسة الثانوية دار الهدى بليتار. بحث

العلمي بجامعة الإسلامية الحكومية تولونج أجونج.

عزة، ريزا. .2.18استخدام الوسائل السمعية البصرية لترقية استعاب المفردات العربية في

المدرسة مفتاح العلوم الإبتدائية الإسلامية أنضوسري نونكو جاجار باسوروان.

بحث العلمي بجامعة مولان مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج

Achsan, Fuad. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Maharah Istima’ Berbasis

Aplikasi Autoplay. Tesis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Arsyad, Azhar. 2018. Pembelajaraan Bahasa Arab Di Madrasah. Yogyakarta: Deepublish.

Berliana, Mega. Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di

Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali. Skripsi. IAIN

Salatiga

Diplan. 2020. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis E-Leraning Google

Classroom. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol.5, No 2

Fahimi, Ahmad. 2020. Efektifitas Pembelajaran E-Learning Melalui Google Classroom Pada

Madrasah Ibtidaiyah Dikabupaten Rembang. Riset. Universitas Muria Kudus.

Humairoh, Luluk. 2020. Penerapan Media Elektronik Pada Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal

Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab Vol.1 No 2

Iskandar, Fuad. 2019. Efektivitas Pembelajaran Abahsa Arab Dengan Menggunakan

Teknologi Multimedia Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Islah

Masjid Syuhada. Yogyakarta.

Kurnia, Nia. 2018. Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring

Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab.

Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 3, No. 1. Institute

Pendidikan Indonesia

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 9,

Edisi 1.Universitas Negeri Jakarta. Jakarta

Usman, Lalu. 2020. Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya

Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan DesarDasar Kependidikan. Jurnal Society Vol.11, No. 1(Ika Purnama Sari, Jurnal Fusha, Vol.1, No. 2, Desember 2023)

Yulyani, Ridha. 2020. Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Melalui Google

Classroom.Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No. 2. Universitas Cokroaminoto Palopo




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i2.8751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.