PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGAR BAHASA ARAB SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYYAH AL-AMANAH NGGELE MALUKU UTARA

Risiani La Dila, Muhammad Hasdin Has, Abdul Gaffar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk “ mengetahui kemampuan mendengar siswa dalam
menghafal dan melafalkan kosakata bahasa arab di kelas 3 Madrasah Ibtidaiyyah Al-Amanah
Nggele. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan peserta didik yang dituntut untuk mampu
menguasai kosakata bahasa arab sebelum masuk ke Madrasah Tsanawiyyah. Jumlah peserta didik
kelas 3 berjumlah 11 orang dan sebagian besar siswa belum bisa membaca kata ( bahasa Arab). Hal
tersebut disebabkan karena belum sesuainya media yang digunakan dalam pembelajaran kosakata
bahasa arab. untuk menyikapi permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk menggunakan
media kartu bergambar. penelitian ini merupakan penelitian tindakakan kelas partisipan yang terdiri
dari 3 langkah yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan dan penilaian.peneliti menggunakan beberapa
metode pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas 3 yang berjumlah 11 siswa, Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus. Hasil penelitian
yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa kemampuan siswa
setelah diterapkan kartu bergambar Pada pra tes siswa yang tuntas berjumlah 3 orang siswa dan
yang tidak tuntas berjumlah 8 orang siswa. Pada siklus I mengalami peningkatan siswa yang
tuntas berjumlah 7 orang siswa dan yang tidak tuntas berjumlah 4 orang siswa. Pada siklus II,
siklus III sampai post tes semua nilai siswa telah melebihi kriteria ketuntasan minimum (KKM).
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan kartu
bergambar sangat berpengaruh terhadap pelafalan kosakata siswa dan kemampuan menghafal
kosakata bahasa arab siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyyah Al-Amanah Nggele Hal ini terlihat dari
peningkatan nilai hasil belajar siswa pada setiap siklusnya memiliki peningkatan secara drastis dan telah melebihi target yaitu sebesar 60%


References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsimi , Dkk, 2006 dan 2008 Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Arsyad, Azhar, 2011. Media Pembelajaran . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Haddade, Hasyim , 2013. Permainan Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab, Teori dan

Aplikasinya . Makassar: Alauddin University Press

Hasyim Mochamad, 2014 keterampilan membaca, studi Arab www.jurnal.yudharta.ac.id

Muh. Haris Z dan Hasan : Pengaruh Kartu Bergambar ( Flash Card ) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab

Nuha Ulun, 2010Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab , Jogjakarta: Diva

Press.

Republik Indonesia, , 2011 Undang-undang RI No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Jakarta: Sinar Grafika

Siregar Umri Zulli, 2018 Pembelajaran Bahasa Arab, Linguistik dan Sastra. www.

Ejournal.umm.ac.id diakses pada tanggal 21 juni

Susanto,Ahmad 2011. Perkembangan Anak Usia Dini , Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Tim Repository UPI, 2012 Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak dan Media flash card.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i2.8752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.