ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI AL-MUJAHIDDIN POASIA KENDARI PADA MASA PANDEMIK

Rians Nur Akbar, Nasri Akib, Abdul Aziz

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan tentang kesulitan siswa kelas III dalam pembelajaran bahasa arab di mi ddi al-mujahiddin poasia kendari pada masa pandemic. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Permasalahan pada penelitian ini yaitu kesulitan siswa dalam pembelajaran bahasa arab diantaranya kesulitan siswa dalam belajar karena koneksi jaringan
yang terkadang kurang baik dan juga terdapat dari factor internal, diantaranya yaitu kesulitan dalam menghafal kosa kata, dan juga membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan, penyebab kesulitan siswa/i dan upaya guru maupun siswa untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran bahasa arab. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan tiga metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Upaya yang dilakukan oleh siswa/i ketika mendapati
kesulitan yaitu bertanya kepada orang tua dan ketika tidak mendapatkan penjelasan yang tepat terkadang siswa meminta bantuan langsung kepada guru bahasa arab agar dijelaskan melalui chat wa atau terkadang orang tua menghubungi guru bahasa arab via telfon terkait materinya agar dijelaskan, dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan yaitu memerintahkan kepada siswa/i agar mengambil fotocopy buku teks bahasa arab dan setiap hari senin siswa/i diperintahkan ke sekolah
untuk mendapatkan penjelasan langsung tentang materi bahasa arab bagi siswa yang belum memahami materi.


References


DAFTAR PUSTAKA

Dimyati, Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Press

Parnawi, Afi. (2019). Psikologi belajar. Yokyakarta: Budi Utama

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta

: Kencana

Setiawan, Andi. (2017).Belajar dan mengajar. Sidoharjo: Uwais inspirasi Indonesia

Sarwa. (2021). Pembelajaran jarak jauh: konsep, masalah, dan solusi. Bandung: Adanu

abimata

Kadir, Amalliah. (2020). Belajar Komunikasi Berbahasa Arab Dasar Bagi Pemulah Dan

Lansia. Yokyakarta: Budi Utama

Devianty. (2017). Jurnal tarbiyah. Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Vol 24 No 2

fatkhan amirul huda, (2018). Pengertian Kesulitan Belajar, (di akses pada 23 Mei 2021)

https://fatkhan.web.id/pengertian-kesulitan-belajar/

Lallo, (2017). Pengertian belajar dan hakikat belajar. (diakses 23 Mei 2021)

http://lpmpsulteng.kemdikbud.go.id/index.php/2017/01/18/pengertian-belajar-dan-hakikatbelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i2.8753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.