Pendampingan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Irsan Irsan, M. Malik Irfan, Nurhalisa Nurhalisa, Desi Fajrianti Putri, Uswatun Hasanah, Herdiana Herdiana, Ruhani Ruhani

Abstract


Peserta didik di sekolah dasar memasuki tahap operasional konkrit, sehingga memerlukan suatu media untuk dapat menangkap berbagai konsep yang ada. Pembelajaran memerlukan benda konkrit dan penjelasan dari guru. Adanya wabah covid-19 ini menjadikan pembelajaran harus serba online. Dampak yang dirasakan siswa pada proses belajar mengajar di rumah adalah siswa merasa terpaksa belajar jarak jauh tanpa sarana dan prasarana memadai di rumah. Kendala yang dihadapi para orang tua adalah adanya penambahan biaya pembelian kuota internet bertambah, teknologi online memerlukan koneksi jaringan ke internet dan kuota oleh karena itu tingkat penggunaaan kuota internet akan bertambah dan akan menambah beban pengeluaran orang tua. Sehubungan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Reguler IAIN Kendari yang salah satu programnya adalah bimbingan belajar, memiliki tujuan untuk memotivasi dan meningkatkan efektifitas siswa dalam belajar. Terdapat tiga metode dalam praktik bimbel ini: 1) bimbingan belajar sesuai kurikulum, 2) pendampingan belajar mengerjakan PR, dan 3) pendampingan belajar gabungan. Peserta bimbelpun bervariasi mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai menengah pertama.


Full Text:

15-21

References


Amti, P. d. (1999). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Andayani, N. P. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA N 1 SUKASADA. Jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling

Ni Putu Sri Nonik Andayani, M. S. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA N 1 SUKASADA. Jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 1

Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi Covid-19. Retrieved from https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/meningkatkan-motivasi- belajarsiswa-pada-pembelajaran-online-akibat-pandemi-covid-19

Putri. (2019, Nopember 19). Retrieved Agustus 18, 2020, from https://yukkonseling.blogspot.com/2019/11/makalah-bimbingan-belajar.html

Prasetyo, Fajar Ahmad Dwi. 2018. Pendampingan Orangtua Dalam Proses Belajar Anak. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Sukardi, D. K. (2013). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Pers.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Undang-Undang Republik Indonesia

Voice of Indonesia. (2020). Kata Nadiem, Pandemi COVID-19 Bikin Guru Paham Belajar Bisa di Mana Saja. Retrieved from https://voi.id/berita/5431/kata- nadiem-pandemicovid-19-bikin-guru-paham-belajar-bisa-di-man




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v1i1.4584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by