Pemberdayaan Masyarakat Dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keagamaan Desa Palewai

Yebnu Sarira Tommo, Muh Akmal Nur, Kismawati Kismawati, Jumriana Jumriana, Astrid Astrid

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN dari Institut agama islam Negeri ( IAIN ) Kendari yang dilaksanakan pada awal juli pada tanggal  5-18  Agustus  tahun  2021,  bertempat  di  desa  Palewai  Kec.  Tanggetada Kabupaten Kolaka telah memberikan kepada masyarakat yang sangat berarti bagi warga masyarakat  khususnya di wilayah desa palewai kec. Tanggetada Kabupaten Kolaka mendapat sambutan yang sangat baik dan antusiasme yang tinggi sosialisasi mengenai program kerja  yang  akan kami laksanakan selama  berada di sesa palewai program pertama  yaitu pembuatan nama lorong , program kedua yaitu mendekorasi pantai  ayu Lestari yang  ada di desa palewai,  program ketiga  yaitu  rutinitas  mengajar  mengaji sekaligus les privat yang di laksanakan di masjid Nurul Hasanah di desa Palewai kec. Tanggetada Kabupaten Kolaka, Program keempat yaitu bakti sosial yang di laksanakan setiap  hari    sabtu.  Adapun  pemberdayaan  masyarakat  adalah  proses  pembangunan dimana   masyarakat   berinisiatif   untuk   memulai   proses   kegiatan   sosial   untuk memperbaiki situasi dan kondisi didesa tersebut sehingga desa tersebut dapat berkembang dengan baik. Dengan adanya belajar mengaji sekaligus les privat tersebut akan  meningkatkan  kualitas  keagamaan  dan  pendidikan  pada  anak-anak  di  desa Palewai.   Adapun  faktor  pendukung  dalam  kegiatan  tersebut   anatara  lain:  Para masyarakat memiliki kemauan yang besar untuk mendapatkan informasi dan pengetahuam mengenai Pemberdayaan Masyarajat dan Meningkatkan kualitas Pendidikan Keagamaan Desa Palewai.

 

Kata   Kunci:       Pemberdayaan   Masyarakat,   meningkatkan   kualitas   pendidikan keagamaan


Full Text:

23-36

References


Andi Haris. (2014). Memahami Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Media. Artikel Andi Haris/JupiterVol. XIII No.2, 54.

Bhanu Prawirasworo, D. T. (2013). strategi pemberdayaan Masyarakat. Artikel strategi pemberdayaan,

Guntur Cahaya Kusuma. (2017). pemberdayaan pendidikan islam. Jurnal Al- Tadzkiyyah jurnal Pendidikan.

Icep Irham Fausan Syukri dkk. (2019). pengaruh kegiatan keagamaan terhadap kualitas pendidikan. jurnal penelitian pendidikan islam Vol. 7, No. 1,, 18.

Jusran S.P. (2020). Profil desa Palewai. kolaka.

Kesi Widjatanti. (2011). Model pembelajaran Masyarakat. Jurnal Ekonomi

M. Ihsan Dacholfany. (2018). Pemberdayaan Masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Tapis, Vol. 02, No. 1 Januari

Muhammad Kurnia dkk. (2020). kkn tematik pemberdayaan masyarakat. jurnal pengabdian masyarakt hasanuddin (JPMH), 2.

Munawar Noor. (2011). Pemberayaan Masyarakat. jurnal ilmiah civis, Vol. 1, No 2, Juli,

Oos M. Annwas. (2011). kuliah kerja nyata tematik pos pemberdayaan keluarga sebagai model pengabdian masyarakat. jurnal pendidikan dan kebudayyan, vol.17, No 5 september,

Rahman, H. H. (2013). peningkatan kualitas keagamaan. jurnal kontekstualita

Rosi Rosita. (2016). usaha kepalah sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan islam. jurnal TARBAWI, Vol.3, No 1.

TIM LPPM UNSOED. (2019). BUKU PANDUAN PELAKSANAAN PROGRAM HIBAH PENGABDIAN PADA MASYARAKAT. Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v1i2.5811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by