Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dan Soal Berbasis Komputer Di SMA Negeri 1 Samaturu

Halistin Halistin, Tandri Patih, Muhammad Syarwa Sangila, Firman Riansyah, Dyah Kumala Nastiti

Abstract


Sebagai seorang pendidik, guru berkewajiban untuk meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal, sehingga guru dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi yang dimilikinya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi informasi (IT) yang dapat diterapkan oleh guru dalam mewujudkan pembelajaran yang optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru diantaranya membuat media pembelajaran berbasis IT. Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode yang Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini yaitu pelatihan, pendampingan, dan diskusi. Pelatihan dilaksanakan dengan memberikan materi, diskusi dan praktek pembuatan media pembelajaran berbasis IT. Materi yang disampaikan mencakup hakikat media pembelajaran dan soal berbasis IT serta jenis dan cara pembuatan media dan soal berbasis IT. Hasil yang dicapai dalam kegiatan PKM ini yaitu : 1) Kegiatan PKM terkait pelatihan pembuatan media pembelajaran dan soal berbasis komputer di SMA Negeri 1 Samaturu mampu meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran dalam bentuk pembuatan media pembelajaran dan soal berbasis komputer; 2) Kegiatan ini perlu dilanjutkan dengan waktu yang lebih lama demi memaksimalkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran dan soal berbasi komputer sehingga dapat meminimalisir kendala dalam pembuatannya oleh guru kedepannya.

 

Kata Kunci: PKM, Pembuatan Media Pembelajaran, Soal Berbasis Komputer


Full Text:

45-51

References


Elly Sukmanasa, L. N. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon Pada Guru Guru di Lingkungan Gugus I Bogor Tengah Kota Bogor. Jurnal PKM : Pengabdian kepada Masyarakat, 232.

Fadillah, I., & Marwan, I. (2021). Pemberdayaan TPQ Melalui Kegiatan BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Di TPQ Miftahu Huda Desa Banjarsari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidkan, 74-84.

Hardianto, D. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Patih, T., Sangila, M. S., Boy, L., Masdin, Kadir, A., Halistin, & Nurhalizah, D. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN SOAL DAN PENILAIAN DARING. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidkan, 93-98.

Umarella, S., Saimima, M. S., & Hussein, S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 237.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v1i2.5813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by