PENERAPAN METODE STORY-TELLING DALAM PEMBINAAN TAMAN PENGAJIAN QUR’AN

Abd Yasir Afdal Karim, Sarah Raudhatul Aulia, Ismawati Ismawati, Nian Endrian, Icha Kristin

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama di bangku perkuliahan dan melatih mahasiswa sebagai solusi ketika terjun langsung di lapangan atau masyarakat. Pengabdian masyarakat   dilakukan oleh mahasiswa  bukan   berarti mengajar masyarakat tentang sesuatu yang paling terbaik untuk masyarakat, tetapi yang dilakukan adalah pemberdayaan sebagai  dasar dari sebuah proses  pencarian (Research) yang bersama-sama dilakukan untuk mencari jalan terbaik dalam penyelesaian persoalan yang dihadapi. Penggunaan metode story-telling sebagai pendekatan dalam pengajaran Al-Qur’an kepada  anak-anak  di  desa  ini  karena melihat  usia  mereka  yang masih  terbilang  muda yaitu  7- 12 tahun  yang  dimana pada  usia  ini  anak-anak  anya menyukai   mendengarkan  cerita-cerita. Dalam kegiatan PKM ini, digunakan metode Participatory Action Research (PAR) sebagai metode yang berguna untuk membantu peneliti untuk mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif pada anak- anak yang kami didik di masjid desa Waelumu. Hasilnya setelah dilakukan kegiatan pengajaran selama 45 hari, anak-anak di desa ini memiliki banyak perubahan yang mana bukan hanya  dari pikiran tapi dengan cara bersikap  kepada orang lain dan membuat masyarakat di desa Waelumu merasa bahagia atas kehadiran kami dalam melaksanakan kegiatan pengabdian. Selama  kegiatan juga, pelaksana PKM mendapatkan  respon  positif  dan bantuan  di  masyarakat  dalam  melaksanakan  program-program  kerja  kami  mulai dari   saran   atau   masukkan   dari   pihak   pemerintah   dan   masyarakat   sehingga keduanya dapat merasakan manfaatnya.

 


Full Text:

PDF

References


Al Umar, A. U. A., Savitri, A. S. N., Pradani, Y. S., Mutohar, M., & Khamid, N. (2021). Peranan KuliahKerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39-44.

Ariani, L., & Hariyono, D. S. (2019). Storytelling Sebagai Metode Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan, 36-44.

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931-940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Fida’ Ahmad dkk. 1997. Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Jakarta: Rineka Cipta Kementerian Pendidikan Nasional. 2004. Kegiatan Penelitian fundamental, Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri, Jakarta :Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas.

Noor, Idris HM. 2010. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi,Jakarta :Artikel

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (3).

Rachman, F., Masdul, M. R., & Gazali, G. (2022). Strategi Rumah Quran Ihsan Palu dalam Membina Taman Pengajian di Kelurahan Tanamodindi Kecematan Mantikulore Kota Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(6), 385-395.

Reason, P., & Bradbury, H. (2008). (Eds.). The sage handbook of action research: Participative inquiry and practice. London: Sage.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v2i1.6843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by