Pola Pemberian Motivasi Belajar Dari Orang Tua Terhadap Semangat Bersekolah Pada Anak Usia Dini

Ulfah Khairunnisa, Irnawati Irnawati, Randi Randi, Husnul Khotimah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemberian motivasi bagi anak usia dini oleh orang tua di desa Boedingi dengan menggunakan pendekatan asset-based community development (ABCD). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asset-based community development (ABCD) dengan teknik pengumpulan data melalui  observasi terus terang dan reflektif kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian, 1) para orang tua di desa Boedingi tetap memberikan anak-anak mereka motivasi untuk mengenyam pendidikan di sekolah. Namun, jika anak mereka sudah tidak ingin sekolah, maka mereka pun tidak memaksa anak mereka untuk tetap melanjutkan sekolah asalkan anak mereka sudah pandai berhitung dan membaca mereka merasa itu sudah cukup walaupun tak masalah jika mereka tidak berprestasi di sekolah. 2) Berdasarkan hasil pengamatan, harapan ke depan didukung, selain dukungan dari berbagai aparat desa, guru-guru, dan orang tua sehingga sumber daya manusia, khususnya anak-anak dapat tumbuh lebih cerdas, rajin dan disiplin, tidak hanya di daerah.

Kata Kunci: Pendidikan, Motivasi, Orang Tua, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v2i2.8260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by