Pemberdayaan Anak-anak Melalui Pembelajaran Bahasa Asing Oleh Mahasiswa KKN IAIN Kendari

Mitha Nur Safitri, Muliana Muliana, Nurul Aisya, Sulaiman Sarni, Miswar Rohansyah

Abstract


Di era sekarang ini, Pembelajaran bahasa asing menjadi materi yang sangat penting di sekolah. Hal ini terlihat pada negara kita sendiri, yang mana kurikulum pembelajaran bahasa asing telah di implementasikan pada hampir semua tingkat pendidikan. Tujuan dalam pembelajaran Bahasa Asing kepada anak-anak di Desa Kabita adalah karena Kabupaten Wakatobi merupakan sebuah daerah dengan sektor pariwisata yang luas menjadikan Wakatobi salah satu destinasi wisata yang kunjungi oleh turis sehingga pemahaman Bahasa Asing menjadi sangat penting dalam mengenalkan kebudayan dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Wakatobi khususnya Desa Kabita. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah dengan menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Develpment) dimana kami mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Desa Kabita dalam hal ini meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Desa Kabita. Pendampingan pembelajaran Bahasa Asing memiliki hasil yang signifikan dengan anak-anak Desa Kabita yang sudah mulai mengenal Bahasa Asing seperti Bahasa Arab dan Inggris dalam berhitung, bernyanyi, serta pengenalan kosa kata yang banyak.  Berdasarkan pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam memberikan pembelajaran Bahasa Asing, kami memberikan tawaran kepada para pemerintah Kabupaten Wakatobi untuk memberikan ruang dan sarana dalam peningkatan Bahasa Asing bagi anak-anak Desa Kabita.

Kata Kunci: Pemberdayaan, Anak-anak, Pembelajaran Bahasa Asing


References


Alfarisy, F. (2021). Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia Dalam Perspektif Pembentukan Warga Dunia Dengan Kompetensi Antarbudaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6 (3): 303.

Cruickshank, D. R. (1990). Research that Informs Teachers and Teacher Educators. Phi Delta Kappa Educational Foundation.

Desmy Riani, D. (2023). Sosialisasi Dan Edukasi Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Di Era Globalisasi Untuk Siswa MTS Fitra Mulia di desa Nambo. Jurnal Pengabdian, Vol 7. No.

Ghazali, S. (2000). Pemerolehan dan pengajaran bahasa kedua. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Hardjono, S. (n.d.). Prinsip-prinsip Pengajaran Bahasa dan Sastra. Dirjendikti.

Hasibuan, S. (2015). Manajemen sumber daya manusia: pendekatan non sekuler. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Naue, M. P. (2015). Upaya Dalam Penyelesaian Perkara Anak di Kota Gorontalo (Studi Diskasus Polres Gorontalo Kota).

Nuril, Alfian L. A, D. (2021). Implementasi Buku Materi Bahasa Arab-Inggris dalam Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini Kelompok A di KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, Vol. 3 No.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v2i2.8263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by