Peran Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Di TPQ Nurul Jihad Kabupaten Konawe Utara

Hamzah Hamzah, Akib Akib, Syelilta Nisa Zalzabilla, Mila Safitri, Amelia Arnest, Putri Wulansari

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui peranan TPQ dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran pada anak di TPQ Nurul Jihad Kelurahan Andowia. Adapun metode  yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa: observasi dan wawancara, serta peneliti terlibat secara langsung dalam kagiatan pengabdian. Metode tersebut sangat memudahkan peneliti dalam mendapatkan data. Hasil pengabdian menunjukan bahwa TPQ Nurul Jihad telah berusaha memaksimalkan kinerja dalam meningkatkan kualitas kemampuan membaca Al- Quran pada anak di TPQ Nurul Jihad. Peningkatan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an dilakukan melalui pengelolaan manajemen atau supervisi TPQ dalam mengatur, memantau, dan mengarahkan kegiatan pembelajaran Al-Quran, sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Kata kunci: Peran, TPQ Nurul Jihad, Al-Qur’an


Full Text:

PDF

References


Amalia, Bening Arum., Muh. Bachrul Ulum. (2021). Peran TPQ Tarbiyyatul Aulad dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an dan Pembentukan Akhlak Anak. Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (2), 99-102.

Arista Dwi Nurchasanah, dkk. (2021) Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an. Al 'Ulum Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1. No. 1. Maret : 51-63

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI. (2013). Jakarta: Penerbit Pedoman Penyelenggaraan TKA/TKQ.

Mustofa, Ali., Munira. (2022). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di Desa Sidoharjo Kab.Oku Timur. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Huda, 1 (2), 115-126.

Nurchasanah, Arista D., Sugiyat, Sukari. (2021). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an. Al ’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1 (1), 51-63.

Ramayulis, Mulyadi. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Riyadi, Dayun, dkk,. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Bengkulu: IAIN Bengkulu Press.

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohmad, Ali. (2009). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Teras.

Roqib, Moh. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Yoyakarta: LKIS Printing Cemerlang.

Saptrians, Raidatul & Kadir, 2022. Peran TPQ Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Pada Anak Usia 7-9 Tahun. Educandum: Volume 8 Nomor 1 Juni .

Suherman, Eman. (2012). Manajemen Masjid. Bandung: Alfabeta.

Suharyani, Herlina, dan Azani, M. Khamsul. 2019. Peran Taman Pendidikan Al-Quran (Tpa) Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Quran Bagi Peserta Didik. Jurnal Paedagogy Volume 5 Nomor 2 Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Umar, Bukhari. 2020. Hadis Tarbawi. Jakarta: Amzah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v2i2.8264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by