Pemberdayaan Remaja Melalui Pelatihan Kader Guru TPQ Di Desa Alo-Alo Kecamatan Lembo Kabupaten Konawe Utara

Riskayanti Riskayanti, Waode Firdayanti, Abdul Khalik Mawardi, Muh Shaleh

Abstract


KKN Reguler IAIN Kendari Angkatan VIII Tahun 2022 melakukan pengabdian masyarakat di Desa Alo-Alo Kecamatan Lembo Kabupaten Konawe Utara. Pengabdian ini bertujuan terciptanya perubahan dan kesadaran dari kepribadian remaja untuk dapat lebih bisa memanfaatkan potensi dan aset yang dimiliki. Usaha-usaha yang dilakukan sengaja diarahkan agar bagaimana remaja ini bisa berubah, berinisiatif, dan berkreativitas secara mandiri untuk merubah mindset diri yang sebelumnya malas dan pasif. Pengabdian ini menggunakan pendekatan pendampingan ABCD (Asset Based Community Development). Dengan melakukan pemberdayaan remaja di Desa Alo-Alo  diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan komunitas remaja dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi, potensi yang dimiliki, merencanakan dan melakukan pemecahannya dengan memanfaatkan potensi setempat. Setelah dilakukan pengabdian yang dilakukan, terlihat perubahan dari hasil pengabdian yang telah dilakukan. Adapun perubahan yang paling utama dari remaja yakni lebih bisa mengembangkan kreatifitasnya untuk belajar dan mengikuti pelatihan kader TPQ yang mengutamakan pengajaran BTQ sehingga pembelajaran berlangsung secara optimal sekaligus memperkuat komunitas remaja tersebut.  

Kata Kunci: Pemberdayaan Remaja, TPQ, BTQ, Pendekatan ABCD, Desa Alo-Alo


Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, Muhammad. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Kristianto, Djoko dan Riska Fii Ahsani. 2022. Manajemen Pengelolaan Masjid dan Pemberdayaan Remaja Masjid Darul Arqom. KH. Ahmad Dahlan Sidomulyo- Makamhaji Kartasura. Kabupaten Suhoharjo.

Sintasari, Beny. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Masjid dan Perannya Dalam Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo, Jurnal Kependidikan dan Keislaman.

Soetomo. 2015. Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Dedy. 2018. Pemberdayaan dan Pendampingan Remaja Masjid Melalui Pelatihan Manajemen Dakwah, Organisasi dan Kepemimpinan. IAIN Walisongo.

Yunus, Dr. Saifuddin, dkk. 2017. Model Pemberdayaan Masyarakat Terpadu. Banda Aceh: Bandar Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v2i2.8265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by