Pemanfaatan Ruang Baca Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak-Anak Usia 6-12 Tahun Di Desa Liya One Melangka Wakatobi

Dina Nurhalizah, Hartanto Novandy, Mustika Anggun, Putri Mawaddah Nur, Zawulan Zawulan, Kartini kartini

Abstract


Membaca memiliki berbagai manfaat yang sangat penting untuk perkembangan personal, intelektual, dan emosional seseorang. Membaca tidak hanya memberikan manfaat saat ini, tetapi juga membentuk individu untuk pertumbuhan jangka panjang. Kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan pengetahuan mereka dalam pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, belajar Mengaji, dan mewarnai. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyampaian materi, dengan tahapan tahapan: Observasi, Pembentukan team, persiapan, pengabdian dan evualuasi.  Hasil dari pengabdian ini menunjukan bahwa kegiatan kursus (Ruang Baca) (ruang baca)  memiliki dampak positif dalam meningkatkan pengetahuan anak-anak dalam pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Mengaji di desa Liya Onemelangka. Hal ini bisa dilihat dari hasil pembelajaran kursus (Ruang Baca) seperti meningkatnya kosa kata bahasa inggris anak-anak, kemampuan menghitung anak-anak, pelafalan huruf hijaiyah anak-anak, dan meningkatkan kreatifitas anak-anak dalam mewarnai.

Kata kunci: Kursus (Ruang Baca), anak-anak Desa Liya Onemelangka.


Full Text:

PDF

References


Anugrah, W. D., Arina Faila Saufa, & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859

Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 877. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021

Mulyono, A. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Nengsi, W., & Ramadayanti, &. (2022). PEMANFAATAN LITERATUR ANAK DALAM MENINGKATKAN BUDAYA BACA PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI SELATAN (Studi Pada Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak). Literatify: Trends in Library Developments, 3(1), 51–62.

Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397–1402.

Siswa, B., Sd, D. I., & Menanga, N. (2023). Pemanfaatan pojok baca untuk meningkatkan minat baca siswa di sd negeri 1 menanga. 5(1), 17–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v2i2.8266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by