REGULASI DIRI DAN COPING STRESS PADA MAHASISWI MULTI PERAN DI KABUPATEN MUNA

Wa Ode Ratnasari Said

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi diri dan coping stress pada mahasiswi multi peran di STAI Syarif Muhammad Raha Kabupaten Muna. Penelitian ini menggunakan angket dengan jumlah responden 40 orang dan melibatkan wawancara pada 8 informan sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat regulasi diri (52,5%) dan coping stress (77,5%) mahasiswa dengan kategori cukup baik. Analisis korelasi product moment menunjukan koefisien korelasi sebesar 0,691 dengan signifikasi 0,000 (sig<0,01) yang berarti terdapat hubungan positif antara regulasi diri dan coping stress. Temuan lain menunjukkan aspek religiusitas yang mempengaruhi regulasi diri, dengan adanya kayakinan kan kehadiran Allah memberi kekuatan untuk meregulasi dirinya, adanya pengalaman & pengetahuan sehingga mempermudah beradaptasi dengan tuntutan dan tantangan yang baru sebagai mahasiswi disamping sebagai ibu rumah tangga dan perempuan berkerja.

Full Text:

PDF

References


Adrian Paramadi & Hari Lasmono (2003). Koping Stress pada Etnis Bali, Jawa, dan Sunda. Indonesia Psychology Journal. Vol. 18, No.4

Apreviadizy. (2014). Pirous dan Ardhiana Puspitacandri.Perbedaan Stres Ditinjau Dari Ibu Berkerja dan Ibu Tidak Berkerja.Jurnal Psikologi Vol. 9 No. 1.

Hidayanti, Nurul. (2015).Beban Ganda Perempuan Berkerja (Antara Domestik dan Publik). Surabaya : Muwazah.

Jones. (2003). Manajemen Stres. Jakarta : EGC.

Khairiyah, Nur, dkk. (2017). Hubungan Peran Ganda Dengan Stres Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Tugas Belajar di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Universitas Tribhuwana Tungga Dewi Malang.

Looker, T dan Gregson, O. (2004). Managing Stress Mengatasi Stres Secara Mandiri. Yogyakarta: Baca.

Setiawan, Santy dkk. (2017). Statistika II Edisi Revisi.Yogyakarta: CV ANDI.

Widjaja, Leny. (2014). Hubungan Lokus Kontrol Internal Dengan Regulasi Diri Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Maha Praja Jakarta. Jurnal Psiko-Edukasi Vol 12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jmrc.v1i1.4311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL MERCUSUAR: BIMBINGAN, PENYULUHAN DAN KONSELING ISLAM



_______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ ________________________________________________________