FENOMENA MENIKAH DI KALANGAN MAHASISWA (GAMBARAN PERSIAPAN MAHASISWA YANG MENIKAH)

Andi Ernawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan fenomena menikah yang terjadi di kalangan mahasiswa, menganalisis persiapan menikah yang dilakukan serta persepsi kesiapan diri sebelum menikah dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena menikah di kalangan mahasiswa terjadi dengan adanya pola dan motivasi menikah. Sebagian besar mahasiswa melalui pola menikah dengan menjalin hubungan dekat, sebagian kecil melalui perjodohan dan ta’aruf. Sedangkan motivasi menikah sebagian besar untuk menghindari zina dan berbagai macam fitnah. Persiapan menikah diklasifikasikan menjadi dua yakni persiapan individu yang berupa persiapan mental, ilmu pernikahan, fisik serta finansial. Kemudian persiapan yang dilakukan bersama calon pasangan ialah membicarakan visi dan misi keluarga, konsep peran serta komitmen dalam pernikahan. Sedangkan persepsi kesiapan menikah pada mahasiswa sebagian besar menilai belum mempunyai kesiapan diri yang maksimal dan matang untuk menikah disebabkan oleh persiapan menuju pernikahan yang tidak maksimal.


Full Text:

PDF

References


Dewi, I. S. (2006). Kesiapan Menikah Pada Wanita Dewasa Awal yang Bekerja. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Sumatera Utara Medan, Medan.

Fatma, S. H. (2015). Perbedaan Kebahagiaan Pasangan Pernikahan dengan Persiapan dan Tanpa Persiapan Pada Komunitas Young Mommy Tuban. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Hasanah, U. (2018). Pengaruh Perkawinan Usia Muda Pada Tingkat Perceraian Dini (Studi Kasus Pengadilan Agama Kisaran). Journal of Science and Social Research, 1(1), 13-18.

Krisnatuti, D., & Oktaviani, V. (2010). Persepsi dan Kesiapan Menikah Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konseling, 4(1), 30-36.

Machrus, A., dkk. (2017). Fondasi Keluarga Sakinah. Jakarta: Submit Bina Keluarga Sakinah.

Silalahi, K., & Meinarno, E. A. (2010). KELUARGA INDONESIA: Aspek dan Dinamika Zaman. Jakarta: Rajawali Pers.

Syutiawan, A. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Bimbingan Pra Nikah di KUA Se-Kota Kendari. Skripsi tidak dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Kendari, Kendari.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jmrc.v1i1.4312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL MERCUSUAR: BIMBINGAN, PENYULUHAN DAN KONSELING ISLAM



_______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ ________________________________________________________