REGULASI DIRI MAHASISWA YANG BEKERJA PADA FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH IAIN KENDARI

Kasmudin Kasmudin, Ros Mayasari, Asliah Zainal

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang regulasi diri mahasiswa Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah IAIN Kendari yang bekerja. Sumber data penelitian adalah tujuh informan yaitu mahasiswa aktif kuliah sambil bekerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) sejumlah mahasiswa FUAD yang bekerja baik kerja penuh waktu dan paruh waktu berjumlah 56 orang, dan semakin tinggi semester mahasiswa semakin banyak mahasiswa yang bekerja, mahasiswa yang bekerja terbagi 2 pekerjaan baik formal (Jurnalis Freelance) dan nonformal (Ojek online, wirausaha, karyawan, guru, marbot dan MLM). (2) Regulasi diri. Metakognitif, mahasiswa yang mempunyai perencanaan dalam setiap kegiatannya baik perencanaan tersebut ditulis maupun tidak, mahasiswa tersebut mampu untuk memonitor/mengevaluasi kinerja dari kognisinya setelah mengerjakan tugas, mahasiswa yang bekerja tersebut mengobservasi diri dengan terus belajar dan memaksimalkan kinerjanya untuk mencapai target yang telah ditentukan. (3). Faktor yang menghambat regulasi diri adalah kesulitan dalam mengatur waktu kuliah dan bekerja, Dan faktor pendukung adalah adanya dukungan orang tua, memiliki tujuan bekerja yang jelas dan pengalaman bekerja sebelumnya.

Full Text:

PDF

References


Arifah, Said W.O.R.S. (2020) Gambaran Regulasi Diri dan Coping Stress pada Mahasiswa Multi Peran Di STAI Syarif Muhammad Raha Kab. Muna, Skripsi Institut Agama Islam Negeri Kendari. Kendari

Denura, F. (2012). Kuliah sambil kerja, tuntutan ekonomi atau belajar mandiri.http://www.scholae.com/web/read/451/kuliah.sambil.kerja,tuntuta n.ekonomi.atau.belajar.mandiri.html. Diakses pada tanggal 21 Agustus 2020, pukul 21.25 WIT

Hidayat, H. (2015) pengaruh kuliah sambil bekerja dan aktifitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa angkatan 2011 jurusan pendidikan IPS UIN Maliki Malang.

Heru Astika Setya Murti (2011) Metakognisi dan Theory Of Mind (ToM), Jurnal Psikologi Pitutur. Volume I, No,2 Hal. 55

Latipah, E. (2012) Pengaturan Diri dalam Belajar (Self Regulated Learning) Mahasiswa Ditinjau dari Strategi Experiental Learning dan Jenis Kelami. Jurnal Albidayah, Vol 1.2

Murti H.A.S. (2011) Metakognisi dan Theory Of Mind (ToM), Jurnal Psikologi Pitutur. Volume I, No,2 Hal. 55

Lubis, R., Irma, N.H., Wulandari, R, Siregar, K., Tanjung, N.A., Wati, T.A., Pustika,

Jurnal Mercusuar Vol. 1 No. 1 Juli – Desember 2021

M., & Syahfitri, D. (2015). Coping Stres pada mahasiswa yang bekerja. Jurnal Diversita, 1(2),48-57

Ratna Nyoman Kutha. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu- ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santrock, John W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan: Sarah Genis B) Jakarta: Alfabeta.

Stan Maes dan Winifred Gebhardt. (2000) Self Regulation and Health Behavior. Dalam M. Boekaerts, P.R. Pintrich, dan M. Zeidner (Eds.), Handbook of Self-Regulation (hal 355). California: Academic Press.

Taylor, Shelley E. Paplau, Letitia Anne. Sears, David O. (2008). Psikologi Sosial

(terjemahan), Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wensly, Y. R (2016). Dampak kuliah sambil bekerja(study kasus mahasiswa Universitas Riau yang bekerja sebagai operator warnet). Jurnal Online mahasiswa, 3(1), 56-72




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jmrc.v1i1.4342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL MERCUSUAR: BIMBINGAN, PENYULUHAN DAN KONSELING ISLAM



_______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ ________________________________________________________