STRATEGI BIMBINGAN ORANGTUA DALAM MENGHADAPI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTSN 1 KONAWE

Nurul Amelia Tetambe, Awad Binti Faizah, Ros Mayasari, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku prokrastinasi akademik pada siswa di MTsN 1 Konawe, mengetahui faktor-faktor terjadinya prokrastinasi akademik pada siswa di MTsN 1 Konawe, serta mengetahui bagaimana strategi bimbingan orangtua dalam menghadapi prokrastinasi yang terjadi pada siswa di MTsN 1 Konawe. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran perilaku prokrastinasi pada siswa MTsN 1 Konawe diantaranya lebih senang melakukan kegiatan diluar kegiatan akademik, dan belajar dan mengerjakan tugas pada saat mendekati deadline. Faktor penyebab terjadinya prokrastinasi akdemik pada siswa di MTsN 1 Konawe diantaranya: (1) faktor internal dan (2) faktor eksternal. Kuota internet dan keadaan sinyal merupakan faktor baru yang muncul selama masa pandemic COVID-19. Strategi bimbingan yang digunakan oleh orangtua dalam menghadapi prokrastinasi akademik siswa yaitu (1) melakukan pengawasan, (2) mengatur waktu belajar, (3) membantu kesulitan belajar, (4) menyediakan fasilitas belajar, (5) pemberian hadiah dan punishment.

Full Text:

PDF

References


Ardina, P. R A, Wulan, D. K. (2016). Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Prorastinasi Akademik Pada Siswa SMA. Jurnal: Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 30. No. 2.

Candra, U., Wibowo, E. M., Setyowani, N. (2014). Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri Kabupaten Temanggung. Indonesian. Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. Vol 3 No 3, 66-72.

Fajrin, Rakhil. (2015). Urgensi Reward dan Punishment dalam Pendidikan Anak Perspektif Psikologi Perkembangan. Jurnal Studi dan Pendidikan Islam. 1(1), 32.

Ghufron, M. N., Risnawati, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakrta: Ar- Ruzz Media

Jimmi, V. (2017). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang. Skripsi. Uin Raden Fatah Palembang.

Khaeratunhisan, R. (2020). Metode Pengasuhan Orangtua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Pada Anak Usia 6-12 Tahun di Kelurahan Ranomeeto Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Skripsi. IAIN Kendari.

Kuntjoro, M. R. Analisis Pengaruh Sifat Prokrastinasi pada Siswa SMA hingga Jenjang Universitas di Indonesia. Indonesian Journal of Instructional Media and Model. Vol. 2, No. 1, 27-39.

Marantika, Fernanda. D. (2020). Hubungan antara Regulasi Diri dan Harga Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Melakukan Pembelajaran Daring. Thesis. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Nafeesa. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya 4(1) 53- 67.

Jurnal Mercusuar Vol. 2 No. 1, Januari - Juni 2022

Ningsih, U. F. (2020). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Desa Tirta Kencana Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Putri, H, I. (2021). Hubungan Self-Efficacy Dan Social Support Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Mtsn 1 Bojonegoro Di Masa Pandemi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Suhadianto,

Nindia, P. (2019). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Stategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), vol. 10, No. 2.

Suroso, S, dkk. (2021). Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi. Jurnal Sosial dan Humaniora. Vol. 2, No. 1.

Wardhan, Tsania, Z. Y., Kistiani, & Hetty. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orangtua dalam Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemic COVID-19. Jurnal. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.7, No.1. (48-49).

Yuliarti, L. (2021). Konsep Reward dan Punishment Dalam Mendidik Anak Di Lingkungan Keluarga Menurut Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jmrc.v2i1.4388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL MERCUSUAR: BIMBINGAN, PENYULUHAN DAN KONSELING ISLAM



_______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ ________________________________________________________