GAMBARAN DINAMIKA MOTIVASI SANTRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN HAFALAN QUR’AN DI KOTA KENDARI

Febriani Febrani, Ros Mayasari, Abdul Gaffar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika motivasi santri dalam menghafal al-Qur’an, upaya santri memelihara motivasinya dalam menghafal al-Qur’an dan persepsi santri terhadap upaya-upaya pengelola dalam rangka meningkatkan motivasi santri dalam menghafal al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi yang menggunakan teknik wawancara mendalam, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung yang mempengaruhi yaitu adanya dukungan social, faktor religius, inspirasi dari para santri senior, visi dan misi pondok, latar belakang pendidikan guru, dan pola hukuman serta pemberian reward dari pengelola. Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya ikhtiar, kurangnya penguasaan makhorijul huruf dan tajwid, padatnya kegiatan, pola hukuman dan lingkungan yang kurang kondusif. Upaya santri memelihara motivasi dalam menghafal al-Qur’an terdiri dari tiga pola, yaitu self talk, muraja’ah dan manajemen waktu. Adapun persepsi santri terhadap upaya-upaya pengelola meningkatkan motivasi santri dalam menghafal al- Qur’an sangat baik dan optimal dan ada juga yang beranggapan merasa belum cukup baik dan tidak berpengaruh pada diri santri.

Kata kunci: Dinamika Motivasi, Menghafal al-Qur’an, Santri


Full Text:

PDF

References


Azizah, S. N. (2018). Etos Menghafal Al-Qur’an Pada Santri Di Pondok Pesantren Modern Darul Qur’an Al-Karim Karangtengah Baturraden Banyumas. Skripsi dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Purwokerto.

Fauziyah, L. I. (2020). Manajemen Pendidikan Agama Berbasis Keluarga Pada Program Tahfiz Al-Qur’an Dengan Metode Al-Qosimi Dalam Meningkatkan Minat Dan Partisipasi Masyarakat Di Rumah Tahfiz Ar- Royyan Klaten. Andragigi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 57-75.

Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan. Ta’allum, 4(1), 1-19.

Marza, S. E. (2017). Regulasi Diri Remaja Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Sumatera Selatan. Intelektualita, 06(01), 145-160.

Munaji, F. (2016). Motif Para Penghafal Al-Qur’an (Studi di Pondok Pesantren Salaf El-Tibyan Bulaksari Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap). Skripsi dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Purwokerto.

Nurhidayati, J. (2021). Persepsi Mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu Terhadap Penggunaan Al-Qur’an Digital. Skripsi dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Bengkulu.

Nursafrina, R. R. (2021). Problematika Menghafal al-Qur’an Santri Sekolah Menengah Pertama di Ma’had Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur’an Nglumpang Mlarak Ponorogo. Skripsi dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo.

Prastika, T. (2019). Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Kesadaran Diri Penghafal al-Qur’an di Asrama Pondok Pesantren Putri Asy-Syarifah Bungah Gresik. Skripsi dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Rosidi, A. (2016). Motivasi Santri dalam Menghafal Al-Qur’an (Studi Multi Kasus di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PPIQ) PP. Nurul Jadid Paiton Probolinggo, dan Pondok Pesantren Tahfizhul Al-Qur’an Raudhatusshalihin Wetan Pasar Besar Malang. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan 10(1), 67-101.

Safitri, I. A. (2019). Strategi Ustadz/Ustadzah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Fattahiyyahngranti Boyolangu Tulungagung. Skripsi dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Tulungagung.

Sari, F. M. (2020). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Menghafal Al- Qur’an pada Santri Pondok Pesantren Al-Fatah. Skripsi dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung.

Suwito, (2019). Perbedaan Motivasi Santri Putra Dan Santri Putri Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Jember. Skripsi dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.

Tis’ina, N. A. (2013). Dinamika Motivasi Santri Menghafal Al-Qur’an dan Mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah (Fenomena Santri yang Tinggal di Pondok Pesantren). Skripsi dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang.

Ula, L. M. (2019). Peran Kiai dalam Meningkatkan Motivasi Santri Menghafal al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan). Skripsi dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Tulungagung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jmrc.v2i1.4510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL MERCUSUAR: BIMBINGAN, PENYULUHAN DAN KONSELING ISLAM



_______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ ________________________________________________________