STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK PADA IBU DI MASA PANDEMI COVID-19

Nur Awaliyah Syam, Zuhrah Ni'matuz, Sitti Fauziah, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Peran wanita bukan lagi menjadi ibu rumah tangga yang tinggal di rumah, tetapi peran wanita saat ini sudah semakin berkembang seiring berkembangnya zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi ibu dengan peran ganda di MAN 2 Kolaka dalam membentuk karakter anak di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriktif kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan pengamatan (observasi), dan dianalisis dengan langkah reduksi data, display data dan perivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan dalam menjalani peran ganda diantaranya kondisi anak yang berbeda-beda, rasa tidak enak ketika menitipkan anak, banyaknya urusan pekerjaan menyebabkan tidak efisiennya waktu yang digunakan. Adapun strategi yang digunakan ibu yang memiliki peran ganda di MAN 2 Kolaka pada masa pandemi COVID-19 yaitu memberi teladan pada anak, kedua menerapkan disiplin dan mengontrol kegiatan anak, ketiga membiasakan anak dengan rutinitas positif.
Kata kunci: Strategi pembentukan karakter, ibu, peran ganda, Pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Pandangan Islam, jurnal biology science & education, 3 (1). 68.

Aeni, A.N., (2014), Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sd Dalam Perspektif Islam,

Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 1.

Anisah, A. S. (2017).Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.jurnal pendidikan universitas garut. 5(1).

Daulay, N. (2015), Pendidikan Karakter Pada Anak Dalam Pendekatan Islam Dan Psikologi, Miqot, 39(1).

Gade, F. (2012). Ibu Sebagai Madrasah Dalam Pendidikan Anak. jurnal ilmiah DIDAKTIKA. 13(1).

Indrawan, N. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Persfektif Islam, Al-Afkar : Jurnal keislaman dan peradaban.3(1).6-19.

Perwira, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Perpektif Baru.

Jogjakarta : Arruz media.

Rijali.A. (2018).Analisis Data Kualitatif.Al-Hadrah Jurnal Ilmu Dakwah. 17(33).

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini(AUD). Al- Athfal jurnal pendidikan anak, 4(1), 91-92.

Rohmatullah. (2019). Peran Orang tau dalam pembentukan karakter anak di desa tidar kuranji kecamatan maro sebo ilir kabupaten Batanghari provinsi jambi. Skripsi: Universitas Negeri Jambi. Jambi.

Rohmah.K. (2019). Peran Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dalam Pendidikan Akhlak Di Keluarga (Studi Kasus Wanita Karier Di Desa Mindaka, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal). Skripsi: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Semarang.

Rohmah, L. F. (2020). Strategi Ibu Berprofesi Ganda Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Sosial dan Spiritual Anak. Skripsi: Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ridwan. (2020). Peran Ganda Perempuan Dalam Rumah Tangga Menurut Hukum Islam (Analisis Terhadap Kontribusi Perempuan Di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar Dalam Bidang Ekonomi), Tesis: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.

Siregar, S. (2010). Statistika deskriktif untuk penelitian dilengkapi perhitungan manual dam aplikasi SPSS.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Salaa, J. (2015). Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Desa Tarohan Kecamatan Beo Kabupaten Kepulauan Taulud, Jurnal Holistik. 8(15). 2.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perpektif Islam. Tahdzib Al- Akhlaq. Jurnal pendidikana islam 2, 16-34,2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jmrc.v2i1.4512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL MERCUSUAR: BIMBINGAN, PENYULUHAN DAN KONSELING ISLAM



_______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ ________________________________________________________