STRATEGI PENYULUHAN AGAMA ISLAM TENTANG PRODUK HALAL KEPADA PEMILIK RUMAH PRODUKSI

Ilsa Nuri Adiyati, Samsuri Samsuri, Samsu Samsu, Ni'matuz Zuhrah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang strategi penyuluh agama Islam dalam mensosialisasikan dan pembinaan produk halal kepada pemilik rumah produksi di Kecamatan Konda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman dan kesadaran pemilik rumah produksi tentang produk halal, strategi penyuluhan, kamudian faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan penyuluhan tentang produk halal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik observasi, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, strategi penyuluhan agama Islam tentang produk halal kepada pemilik rumah produksi di Kecamatan Konda menunjukan bahwa 1. Kesadaran pemilik rumah produksi untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan menghindari makanan yang haram sudah cukup memadai. 2. Strategi yang digunkan: a) Persiapan awal: (i) mengumpulkan informasi mengenai rumah produksi, karakteristik pemilik rumah produksi, jenis usaha, dan pegawai dalam rumah produksi. (ii) menyiapkan materi penyuluhan. b) Pelaksanan penyuluhan: (i) memberikan informasi dan edukasi yang memadai terkait produk dan makanan halal. (ii) melakukan penyuluhan secara langsung (door to door). iii) melakukan penyuluhan dengan ramah dan berperan aktif dalam proses penyuluhan. c) Evaluasi. d) Melakukan penyuluhan lanjutan berdasarkan pada hasil evaluasi. 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyuluhan ialah: a) Faktor pendukung proses penyuluhan produk halal: (i) masyarakat sangat terbuka kepada petugas penyuluhan. (ii) saling menghormati dari masing-masing individu dalam proses penyuluhan. (iii) kerjasama di kalangan internal KUA Kecamatan Konda dalam proses penyuluhan. b) Faktor penghambat proses penyuluhan produk halal: (i) kurangnya media dalam melakukan penyuluhan. (ii) kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) penyuluh
Kata Kunci: Strategi Penyuluhan; Produk Halal; Rumah Produksi


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahan (Aplikasi, terjemahan Kemenag RI)

Hamdani, Muslem. (2020). Strategi Da’wah Penyuluh Agama Dalam Pembinaan Masyarakat (Studi Analisis Strategi Penyuluh Agama Di Kemenag Kab. Bireuen). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 7 (1), 1-17

Khoirul, Mustofah, M. (2019). Peran Penyuluh Agama Islam Dalam Pembinaan Kesenian Islami Di Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang

Mahmudah, Salma. (2021). Analisis Edukasi Produk Halal Dalam Mendesain Islamic Lifestyle (Studi Kasus Pada Keluarga Besar UIN Sunan Ampel Surabaya). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya

Najmuddin, Iman. (2018). Peran Penyuluh Agama Dalam Peningkatan Pelaksanaan Shalat Fardu Masyarakat di Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang

Nurlela, Pattenreng, A. M. A, Haris, A. H. (2020). Analisis Hukum Pemenuhan Hak Konsumen Atas Informasi Produk Halal Pada Restoran Di Kota Makassar. Indonesia Journal Of Legality Of Law, 2 (2), 104-112

Oktaviana, Revi. (2021). Peran Penyuluh Agama Dalam Mencegah Penyebaran Radikalisme Di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta

Salim, Amir., Muharir. & Mahendra. (2021). Sosialisasi Produk Halal Dalam Islam Pada Perusahaan Limbah CV. Abinesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 53-60

Yulia, L. (2015). Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bimas Islam, 8(1), 121-152




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jmrc.v2i2.5883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MERCUSUAR: BIMBINGAN, PENYULUHAN DAN KONSELING ISLAM



_______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ ________________________________________________________