STRATEGI PENYULUH AGAMA ISLAM SEBAGAI KONSELOR MASYARAKAT DI KANTOR URUSAN AGAMA KOTA KENDARI

Wiwin Wulandari, Asliah Zainal, Muhammad Ikhsan, Ros Mayasari

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan penyuluh agama Islam Kota Kendari dalam menjalankan fungsinya sebagai konselor masyarakat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah 4 orang Penyuluh Agama Islam KUA Kota Kendari, 4 orang Kepala KUA Kota Kendari, dan 4 orang masyarakat binaan Penyuluh Agama Islam KUA Kota Kendari. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi Penyuluh Agama Islam sebagai konselor masyarakat dilakukan dilakukan dengan tiga cara, yaitu; pertama pemberian informasi dilakukan penyuluh agama Islam sebagai strategi dalam mengatasi hambatan yang terjadi yaitu sikap penolakkan dari salah satu pihak keluarga untuk melakukan bimbingan konseling. Kedua menanamkan sifat ikhlas, sabar dan optimisme. Ikhlas sebagai strategi dalam mengatasi hambatan yang terjadi ketika melakukan bimbingan konseling bertujuan untuk menghindari timbulnya rasa bosan. Sifat sabar sebagai strategi untuk mengatasi hambatan- hambatan yang muncul dalam melakukan konseling yaitu ketika penyuluh menemukan beberapa masyarakat binaan yang memiliki keterbatasan lambatnya dalam memahami suatu hal yang dapat mengakibatkan proses bimbingan konseling tidak kondusif. Selain dari menanamkan sikap ikhlas dan sabar, penyuluh juga menerapkan sikap optimisme. Hal ini dimaksudkan agar para penyuluh dapat melakukan fungsinya dengan baik. Dengan sikap optimis, para penyuluh juga dapat menghindari kebosanan ketika melaksanakan fungsinya dari informatif edukatif ke fungsi konsultatif. Begitu juga peralihan dari fungsi konsultatif ke fungsi advokatif. Ketiga memperluas ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bimbingan konseling. Penyuluh Agama Islam Kota Kendari secara umum memiliki hambatan dalam melakukan bimbingan konseling karena keterbatasan ilmu pengetahuan dan lemahnya kemampuan metodologis yang dimiliki.
Kata kunci : Strategi; Penyuluh Agama Islam; Konselor Masyarakat


Full Text:

PDF

References


Amirulloh, (2016). Analisis Pengembangan Kompetensi Penyuluh Agama Pada Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama. Young Progressive Muslim.

Andrian,. B., (2019). Komunikasi Konsultatif Penyuluh Agama Islam Di Daerah Perbatasan Kalimantan Barat. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 01 (02)

Anggito, A. (2018). metodologi penelitian kualitatif. Bandung: CV. Jejak.

BPS Kota Kendari. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kecamatan (Jiwa), 2016-2021.

https://kendarikota.bps.go.id/indicator/12/139/1/jumlah-penduduk- menurut-jenis-kelamin-dan-kecamatan.html Di akses 1 Desember 2021.

Diana., P.. Suwena,. K,. & Wijaya., M., S., (2017). Peran Dan Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mendukung Pariwisata Di Desa Mas Dan Desa Peliatan Ubud. Jurnal Analisis Pariwisata, 17 (2).

Depag RI, (2004). Tugas-Tugas Pejabat Pencatat Nikah, Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji Departemen Agama RI. Jakarta.

Departemen Agama RI, (2002). Buku Rencana Induk KUA Dan Pengembangannya. Jakara, Ditjen Bimas Islam dan Urusan Haji.

Fahrurrozi, (2021). Revitalisasi Peran Dan Fungsi Penyuluh Agama Islam Dalam Pembimbingan Terhadap Masyarakat Di Kota Mataram. Al- Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 10 (2).

Gunawan., I., (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik.

Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hermawan., H., Komalasari., G., & Hanim., W., (2019). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 4 (2).

Inayah, K,. & Prihatini, R., L., 2021. Peran Penyuluh Agama dalam Menjalankan Fungsi Profesi untuk Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Parung Bogor. Suluh, 8 (1).

Jaya., P,. H., (2017). Revitalisasi Peran Penyuluh Agama Dalam Fungsinya Sebagai Konselor Dan Pendamping MasyarakaT. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8 (2).

Judith A,. Lewis, (2010). Community Counseling. Brooks Cole.

Laela,. F,. N., (2017). Bimbingan Konseling Sosial Edisi Revisi. Skripsi. UIN Sunan Ampel Press, Surabaya

Lianawati, A. (2017). Implementasi keterampilan konseling dalam layanan konseling individual. In Ifdil, I., Bolo Rangka, I., & Adiputra, S. (Eds.), Seminar & Workshop Nasional Bimbingan dan Konseling: Jambore Konseling 3 (pp. 85–92). Pontianak: Ikatan Konselor Indonesia (IKI)

Lubis., L., 2021. Konseling Dan Terapi Islami. Medan: Perdana Publishing Kementerian Agama Jawa Barat, (2010). Pedoman dan Petunjuk Teknis

Penyuluh Agama Islam Fungsional. Bandung: Bidang PAI pada

Masyarakat dan Pemberdayaan Masjid

Manu,. N,. L., Subekti,. A,. & Alfa,. F,. (2020). Peranan Penyuluh Agama Dalam Memberikan Bimbingan Terhadap Calon Mempelai Di Kantor Urusan Agama (Kua) Kecamatan Klojen Kota Malang. Jurnal Ilmiah Hukum Keluarga Islam. 2 (1).

Mulawarman, (2016). Psikologi Konseling: Sebuah Pengantar bagi Konselor Pendidikan. Skripsi. Universitas Negeri semarang, Semarang.

Muis., D., U., (2017). Peran Penyuluh Agama Islam Dalam Mencegah Pernikahan Usia Dini Di Kelurahan Tolo Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto. Skripsi. UIN Alauddin Makasssar, Makassar.

Rahman., A., (2015). Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar Di SMK Negeri 1 Loksado. JMBK. 2 (1).

Romly,. A,. R., (2003). Buku Panduan Pelaksanaan Tugas Penyuluh Agama Utama. Jakarta: Bidang PAI pada Masyarakat dan Pemberdayaan Masjid.

Tirmizi, (2018). Bimbingan Konseling Islami, Medan: Perdana Publishing. Tohirin,. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan

Bimbingan Konseling. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Trisliatanto,. D,. A,. (2020). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: ANDI. Utomo,. D,. W,. (2009). Hambatan, Motivasi, Dan Strategi, Pemecahan

Masalah Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sanata Dharma Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta

Yasin., A., H., (2012). Dahsyatnya SABAR Mengelola hati untuk meraih prestasi. Jakarta: QultumMedia.

Yusri., F., (2013). Perkembangan Profesional Konselor Untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Industri. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jmrc.v2i2.5885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MERCUSUAR: BIMBINGAN, PENYULUHAN DAN KONSELING ISLAM



_______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ ________________________________________________________