METODE BIMBINGAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BINAAN DI LPKA KELAS II KENDARI

Devi Hanisa, Widya Ningsih, Muhammad Ikhsan, Akhmad Sukardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan bimbingan agama Islam di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari, menganalisis metode-metode yang digunakan saat pelaksanaan bimbingan agama Islam dan menganalisis apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif, data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data diolah dan dianalisis dengan menggunakan langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan bimbingan agama Islam di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari sudah berjalan dengan baik dan aktif, meskipun masih terdapat beberapa kendala dan perlu ditingkatkan lagi. Pelaksanaan bimbingan agama Islam ini dipusatkan di masjid LPKA, baik itu dari seksi pembinaan maupun yayasan niru nabi. Kemudian, tidak ada pengklasifikasian berdasarkan kasus anak binaan ketika mengikuti bimbingan. 2) Metode bimbingan agama Islam yang digunakan oleh para pembina yaitu metode kelompok, metode individu, metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab dan metode demonstrasi. 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan agama Islam di LPKA Kelas II Kendari disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal.
Kata Kunci: Metode, Bimbingan Agama Islam, Anak Binaan, LPKA


Full Text:

PDF

References


Ahyat, Nur. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. 4 (1). Hal 24-31

Buletin LPKA Kendari

Erwinsyah. (2017). Metode Bimbingan Agama Islam Oleh Kelompok Kerja Penyuluh Terhadap Narapidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Tanjung Gusta Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books

Pontren.com. (2021). Rasio Guru dan Siswa RTQ Rumah Tahfidz Al-Qur’an. Diakses Senin 25 Juni 2022 Pukul 20:54

Rahim, Aunur Faqih. (2004). Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Yogyakarta: UUI PERS

Utomo, D, W. (2009). Hambatan, Motivasi, dan Strategi, Pemecahan Masalah pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sanata Dharma yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jmrc.v2i2.5889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MERCUSUAR: BIMBINGAN, PENYULUHAN DAN KONSELING ISLAM



_______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ ________________________________________________________