MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING POLA PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK KANAK SANGIANTINA KEC.KABAENA TENGAH

Dita Pratiwi, Hadi Machmud

Abstract


Penelitian tindakan kelas  ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian perkembangan keterampilan proses menggunting pola pada anak kelompok a TK Sangiantina Kec. Kabaena Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Sedangkan model yang dipilih untuk melakukan tindakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data perkembangan kreativitas menggambar anak diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya penelitian ini dianalisis dengan menggunakan presentase.Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali beberapa pertemuan.Hasil pelaksanaan tindakan menunjukkan bahwa menggunting pola dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak pada kelompok A TK Sangiantina.Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukan bahwah perkembangan motorik halus anak mengalami perubahan yang sangat baik.Pada pra tindakan yang dikatakan tuntas mencapai 15%, pada siklus I anak yang tuntas mencapai 60% dan pada siklus II anak yang tuntas mencapai 90%. Hal ini menunjukan peningkatan dari penelitian awal sampai siklus II, dan bisa dikatakan bahawah kemampuan kreativitas menggambar anak mengalami peningkatan yang signifikan dan dapat dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator tingkat pencapaian yakni 75%

 

Kata Kunci :Motorik Halus, Pembelajaran Menggunting Pola.


Full Text:

PDF

References


Indriyani Fitria. (2014). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Dengan Berbagai Media Pada Anak Usia Dini Di Kelompok A TK Aba Gendingan, Kecamatan Kalasa Kabupaten Sleman Yogyakarta Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Janah Nurul Masfufah dan Komalasari Dewi, (2016).Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting dasar pada anak usia 3-4 tahun. Jurnal PAUD teratai.Volume 05 Nomor 02 Tahun2016. FKIP Universitas Surabaya

Kadarmayanti, Eni Kurniyati Elfita.2013/2014. Upaya Meningkatkan Motoric Halus Keterampilan Menggunting Dengan Metode Demonstrasi Pada Kelompok A Di TK Aba Aisyiyah Salam I Salam

Mistriyanti. (2012). PerkembanganMotorik Halus Anak Usia Dini. Diakses dari http://haurasyalsabila.blogspot.com pada tanggal 8 November 2013,

Mulyani.(2012). Strategi Pembelajaran (Learning and Teaching Strategy).Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa,Universitas Negeri Yogyakarta.

Slamet Suryanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Sujiono Nur aini Yuliana (2013).Konsep dasar pendidikan anak usia dini jakarata: PT. Indeks.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Tariga, Evariyanti 2013.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menganyam Dasar Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di TK Namorambe Medan. Jurnal Bahas Unimed

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta

Zaman saeful dan libertine aundriani. 2012. Membuat anak rajin belajar ilmu itu gampang. Jakarta: visimedia.

Covid-19, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol 8 Nomor 3 Hlm 500.

Suryabarata Sumadi, Metodologi Penelitian, (2011), Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, H 76




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/shibyan.v1i1.4047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.