MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B KB ONOWA DESA KOROE ONOWA KEC. WANGI-WANGI KAB. WAKATOBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada kelompok B Kelompok Bermain Onowa, Desa Koroe Onowa, Kec. Wangi-Wangi Kab. Wakatobi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, hasil karya dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak. Yakni pada indikator pertama anak dapat mengenal dan menyebutkan ragam warna yaitu anak belum berkembang sebesar 0%, anak mulai berkembang sebesar 8,3%, anak berkembang sesuai harapan sebesar 75% dan anak berkembang sangat baik sebesar 16,67. Untuk indikator kedua anak berkembang sangat baik sebesar 25% dengan ketuntasan baik. Kemudian indikator terakhir anak dapat mulai berkembang sebesar 0% yang sudah mengalami penurunan yang sangat signifikan, anak berkembang sesuai harapan sebesar 83% dengan ketuntasan baik dalam kemampuan mengenal warna dan berkemampuan sangat baik sebesar 16,67% dengan ketuntasan kurang baik dalam kemampuan mengenal warna anak yang menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum adanya tindakan.
Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Warna, Metode Eksperimen
Full Text:
PDFReferences
Bahri, D. & Zainal, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta.
Hidayat, S., Robingatin, Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencapur Warna Di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Ya Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak. 4 (1).
Ilma, A. (2018) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Dengan Metode Eksperimen Pada Anak Di TK Yaspal III Kota Padang.
Mardiyah, S. (2014). Upaya Meningkatken Kemampuan Mengenal Warna Melalu Metode Eksperimen Kelompok A RA Taman Agung 3 Muntilan Tahun Pelajaran 2013-2014.
Meiliawati, E. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di KB Melati Putih Jitus Bantul.
Mulyana, E., H., Nurzaman, I., & Fauziyah, N., A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 76-91.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi & Ulfa, M. (2017). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyanto, S. (2009). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta; Hikayat Publishing.
Nurmalina & Astuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Warna Dengan Metode Eksperimen. Journal On Early Childhood, 1(1), 72-73.
Tim Prodi DKV Universitas Nusa Putra (2021). Buku Ajaran Teori Warna. Sukabumi, Jawa Barat: Nusaputra Press
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/shibyan.v1i1.4094
Refbacks
- There are currently no refbacks.