MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI GAMES BALL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK INDRIYA KELURAHAN LEPO-LEPO KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI

Fira Damayanti, Laode Anhusadar

Abstract


Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan bermain menggunakan media Games Ball pada anak kelompok B TK Taman Indriyah Kelurahan Lepo-Lepo. Dengan subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan hasil karya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi  dan portofolio. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain Games Ball dapatmeningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelas B di TK Taman Indriyah Kelurahan Lepo-Lepo. Perkembangan kecerdasan kinestetik anak mengalami perubahan yang sangat baik. Padasiklus 1 menunjukkan kecerdasan kinestetik anak dominan berada pada kriteria ketuntasan 58,33% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus 2 menunjukkan kecerdasan kinestetik anak berada pada rentang penilaian berkembang sesuai harapan Sedengkan criteria ketuntasan sebanyak 75% atau berada dalam kategori baik pada indicator koordinasi mata dan tangan indicator ketuntasannya 75%, koordinasi seluruh badan criteria ketuntasannya 75%, indikator fleksibelitas kriteria ketuntasannya 66,66%. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa melalui media Games Ball dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK Taman Indriyah Kelurahan Lepo-Lepo.

Kata Kunci: Kecerdasan Kinestetik, Media Permainan Bola (Games Ball), TK.Taman Indriyah


Full Text:

Untitled PDF

References


A, Indragiri. (2010a). Kecerdasan Optimal Cara Ampuh Memaksimalkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Star Book.

Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Sirkuit Dengan Bola (Penelitian Tindakan di Kelompok A TK Al Muhajirin Malang Jawa Timur. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1).

Acesta, A. (2019). Kecerdasan Kinestetik dan Interpersonal serta Pengembangannya. Media sahabat cendekia.

Andayani, S. (2021). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(01).

Grafura Lubis, dkk. 2011.PermainancEdukatif Untuk Pembelajaran Atraktif. Jakarta: Prestasi Pustaka publisher.

Hanafi M. Zakaria. (2019). Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Deepublish

Lahay Rukmini. (2014). Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Melalaui Permainan Egrang Pada Kelompok B TK Garuda Gorontalo.

Madyawati, Lilis. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak.Jakarta : PT

Puspita, E., & Fauzy, T. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KINESTETIK-JASMANI MELALUI PERMAINAN SEPAK BOLA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SEGAR JAYA DESA SEGAYAM. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2).

Sujati, S. (2012). Upaya Meningkatkan Keterampilan Kinestetik Melalui Bermain Bola Di Kelompok Bermain Terampil I Mojodoyong Kedawung Sragen Tahun 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakrta).

Umami, A., Kurniah, N., & Delrefi, D. (2016). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Permainan Estafet. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1).

Umama. (2016). Pojok Bermain. Jogjakarta : Stiletto Book

Wardani, E. A., & Alim, M. L. (2022). MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI GAMES BALL DI KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH DESA TERATAK. Journal on Teacher Education, 3(2).

Yus, Anita. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Yaumi, M., & Nurdin, I. (2013). Pembeajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/shibyan.v1i1.4160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.