PENGEMBANGAN MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA KISAH ISLAMI TAMAN KANAK-KANAK SEGAR JAYA

Sri Sundari

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pengembangan moral dan agama anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan kisah Islami di TK Segar Jaya Desa Lameuru. Bercerita merupakan suatu kegiatan bertutur dan menyampaikan kisah atau memberikan penjelasan secara lisan, yang bertujuan agar pesan-pesan, nilai-nilai maupun informasi tersampaikan kepada anak usia dini. Cara ini menjadi efektif digunakan seorang guru karena menarik dan menyenangkan untuk didengarkan oleh anak. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dari data hasil observasi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode bercerita menggunakan kisah Islami dapat meningkatkan pengembangan moral dan agama anak, dengan hasil saat pra siklus hanya 10,13% anak didik mendapatkan nilai moral dan agama berkembang sesuai harapan, setelah dilaksanakan tindakan, mencapai nilai 21,315% dengan nilai rata-rata 43,94di siklus I, dan mengalami peningkatan sebesar 35,532% dengan nilai rata-rata 78,40 pada siklus II. Hal ini dapat dilihat daripersentase yang telah mencapai indikator perkembangan: Anak dapat mengenal Tuhannya dan ciptaan-Nya, anak dapat mengetahui hari raya dan tempat ibadah sesuai dengan agamanya, anak dapat mengerjakan gerakan ibadah berdoa dan salim tangan guru dengan benar, anak dapat memahami perilaku mulia dengan membantu teman yang kesulitan, dan anak dapat menjagakebersihan diri juga lingkungan sekitar.

References


Angraini Wardah, Penggunaan Metode Uswah Hasanah Dalam Mengembangkan Nilai- Nilai Moral Dan Agam Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Ra Al-Huda Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu. Lampung: UIN Raden Intan, 2018.

Aqib Zainal, Dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Arsita Linda, Mengembangakan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Taman Kank-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Suka Rame Bandar Lampung, Lampung: UIN Raden Intan, 2017.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Harahap Ita Melina Sari, Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Di Tk Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembung. Medan: UIN Sematera Utara, 2017.

Ilmi Darul, Jurnal Imiah PGRA, Lampuan: IAIN Raden Intan, 2017.

Isjoni, Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: ALFABETA, 2009.

Isnaini Tri, Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Menanamkan Moral Keagamaan Di TK Islam Terpadu Permata Hati Ngaliyan Semarang. Semarang: UIN Walisongo, 2015.

Junita Refti, Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Agama Kepada Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Cerita Islami Di Ra Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu, FTK PIAUD IAIN Bengkulu, 2018.

Kunandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindak Kelas Sebagai Pengembangan profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers

Kusnilawati, dkk, Meningkatkan Aspek Perkembangan Moral dan Agama Anak Usia Dini dengan Penerapan Metode Bercerita Tema Islami, Jurnal: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, 2018. 1(1), 28 – 38.

Maryam Siti, Peningkatan Moral Anak Usia Dini Melalui Boneka di Taman Kanak-Kanak Negeri Satu Koto Tuo Kabupaten Sijunjung, Jurnal Pesona PAUD, 2012, Volume 1, No. 1.

Pradhita Tantya Resti, Peranan Guru dalam Penanaman NIlai-Nilai Agama dan Moral Anak dengan Menggunakan Metode Bercerita Kelompok B4 di TK Dharus Shola Kabupaten Jember, Jawa Timur: Universitas Jember, 2018.

Rina Mertha Sari. 2016. Penerapan metode bercerita dalam mengembangkan moral dan nilai-nilai agarama anak di TK aisiyah bustanul athfal I Teluk betung selatan Bandar lampung. Skripsi. Lampung : FTK IAIN Raden Intan Lampung.

Susanto Ahmad, Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015. Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA, Jakarta: Kencana, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/shibyan.v1i2.8740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.