PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B TK BUDI MULIA DESA LAPODI

Anita Anita

Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan permainan kartu huruf dalam meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Budi Mulia Desa Lapodi Kec. Pasarwajo Kab. Buton. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian. Sedangkan model yang dipilih untuk melakukantindakan yakni siklus model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian, pada siklus I menunjukkan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah anak dominan yaitu indikator pertama mengenal hurufhijaiyah anak sebanyak 33,33% hasil ini berada pada rentang penilaian mulai berkembang (MB), mengurutkan huruf hijaiyah dengan benar sebanyak 46,66% hasil ini berada pada rentang penilaian mulai berkembang (MB), menulis huruf hijaiyah dengan benarsebanyak 53,33% hasil ini berada pada rentang penilaian mulai berkembang (MB) dan indikator terakhir melafalkan makhrajul huruf hijaiyah dengan fasih sebanyak 53,33% hasil ini berada pada rentang penilaian mulai berkembang (MB). Pada siklus 2 menunjukkan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah yaitu indikator pertama mengenal huruf hijaiyah anak sebanyak 80% hasil ini berada pada rentang penilaian berkembang sangat baik (BSB), mengurutkan huruf hijaiyah dengan benar sebanyak 80% hasil ini berada padarentang penilaian berkembang sangat baik (BSB), menulis huruf hijaiyah dengan benar sebanyak 86,66% hasil ini berada pada rentangpenilaian (BSB) dan indikator terakhir melafalkan makhrajul huruf hijaiyah dengan fasih sebanyak 80% hasil ini berada pada rentangpenilain berkembang sangat baik (BSB). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kartu huruf dapat meningkatkanpengenalan huruf hijaiyah.

Kata Kunci: Permainan, Media Kartu Huruf, Pengenalan Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini

References


Anjelina, B dkk. (2017). Pengaruh Permainan Jemuran Kata Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun TK Islam Terpadu Insan Utama 2 Kecamatan Tampan Kota Pek-anbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Februari, h. 3.

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Astuti, L dan Kholis N. (2020). Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Huruf

Berwarna. Azzahra: jurnal pendidikan anak usia dini 1 (2), 21-36 Vol. No.2.

Carol, S. dan Barbara A. Wasik. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: P.T Indeks.

Dasopang, D.M., dan Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 03 No.2

Euis, K. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengebangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenamadia Group.

Fauziddin. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curicula Vol. 1 No 3.

Fahmi, A dkk. (2018). Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf (Penelitian Tindakan Pada Anak Usia 5-6 Tahun PAUD Assa’dah Serang Banten). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1), 15-26.

Imroatun. (2017). Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini. UIN Sulan Maulana Hasanuddin Banten, Vol. 2. h. 175-188.

Jahita, R. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 1 Kota Sabang: Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol 3 No. 2.

Rahma, T., Indihadi, D., dan Nurafifah F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Menulis Pada Anak Usia Dini RA ATH-Thoha Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 4 No. I Juni.15-23.

Risky, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Parama Publishing.

Syafrida, R. (2019). Meningkatkan Keterampilan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Metode Usmani dan Metode Baghdadi. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, Vol 5, No. 2, September.49.

Utami, T., Raihana dan Alucyana. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah Di PAUD. Al-Hikmah:Jural Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol. 17 No. I, April 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/shibyan.v1i2.8743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.