Penggunaan Gadget Pada Anak Di RA Al Hidayah Desa Silea Kab. Konawe

Sarkiah Sarkiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penggunaan gadget di RA Al Hidayah Desa Silea menggunakan gadget. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui secara objektif suatu aktivitas dengan tujuan menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah diketahui oleh khalayak umum. Guru, anak, dan orang tua dijadikan sebagai sumber data penelitian. Pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai pendekatan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display data, dan membuat kesimpulan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa bentuk penggunaan gadget pada anak RA Al Hidayah Desa Silea sangat beragam mulai dari nonton youtube, yaitu dengan melihat video nusa dan rara, melihat video pembelajaran, dan video game yang ada di youtube, sedangkan ada juga dengan bermain game diantaranya game mobile legend, cooking faver, wayang zoccerzeo dan truk kontruksi permainan anak. ada juga yang menggunakan aplikasi edukasi seperti paket belajar lengkap TK dan PAUD, dan icando aplikasi belajar anak. 

 

Kata kunci: Gadget, Anak

References


Aprilinda, V. (2018). Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Kelompok B di Ra Plus Al-Falah Kabupaten Bondowoso. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Astuti, Y (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Dewi ANggrek Kota Pekanbaru. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau.

Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan tentang Dampak Gadget bagi Kesehatan terhadap Perilaku Penggunaan Gadget pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal. 6(2),

Dalillah. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Siswa. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah.

Elfiandi. (2018). Dampak Gadget terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal ITQAN. Vol. 9(2),

Giandi, A. F., Mustikasari, F., & Suprato, H. (2012). Perilaku Komunikasi Pencandu Game Online dengan Menggunakan Game Online. Students E Journals Mahasiswa Universitas Padjajaran. 1(1),

Hidayahti, M. (2013). Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan Fkip Universitas Negeri Semarang. 1(2),

Hidayati, L. (2018). Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Berdasarkan Pada Pemberian Gadget Oleh Orang tua di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Skripsi Fakultas Tarbiyah Universitas Negeri Semarang

Iswidharmanjaya, D. (2014). Bila Sikecil Menggunakan Gadget.Yogyakarta: Bisakimia.

Khironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Universitas Hamzanwadi, 1(1),

Munisa. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu. 13(1),

Musyarofah. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Aba IV Mangli Jember. INJECT: Jurnal Of Interdisciplinary Communication. 2(1), 99-122.

Saputri, D. A., & Pambudi, A. (2018). Dampak Penggunaan G adget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini, Jurnal State Islamic University Sunan Kalijaga, 3(2),

Trinika, Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di TK Swasta Kristen Immanuel. Skripsi Program Studi Keperawatan Universitas Tanjungpura.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/shibyan.v1i2.8744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.