TUDANG ADEQ DAN INTERNALISASI SYARIAT ISLAM MASYARAKAT BUGIS BONE DI SULAWESI SELATAN

Budiarti Budiarti

Abstract


Internalisasi Syariat Islam pada aspek budaya memantik tumbuh dan berkembangnya berbagai ragam tradisi masyarakat yang mengakar demi terwujudnya suatu kehidupan harmonis. Perjumpaan Syariat Islam sebagai suatu doktrin universal keagamaan pada masyarakat Bugis Bone di Sulawesi Selatan adalah penghormatan dan penghargaan masyarakat pada pelaksanaan tudang adeq sebagai wujud keteguhan berpegang teguh pada nilai tatanan sosial, dan norma dasar pangngadereng. Tudang adeq merupakan pranata yang pelaksanaannya oleh masyarakat itu sendiri dan legitimasinya direpresentasikan dengan hadirnya penyelenggara eksekutif atau adat (pampawa adeq) dan penyelenggara di bidang Syariat Islam (pampawa saraq) duduk secara bersama untuk memenuhi layanan berbagai hajatan masyarakat pada bidang hukum keluarga Islam (ahwal al-syakhsiyyah). Karena itu, konkretisasi syariat Islam sebagai ajaran universal keagamaan perlu mempertimbangkan nilai kearifan lokal dalam merespons hukum yang secara nyata hidup dan dipraktekkan secara berkelanjutan oleh masyarakat (living law) seperti tatanan sosial pangngadereng untuk menjadikan role mode bagi pengembangan hukum Islam di nusantara.


Keywords


Tudang Adeq, Internalisasi Syariat Islam, Masyarakat Bugis

References


Abdullah, Taufik, 1987, Adat dan Islam: Satu Tinjauan tentang Konflik di Minangkabau dalam Sejarah dan Masyarakat, Yayasan Obor, Jakarta.

Al – Syafi’i, Muhammad Ibn Idris. Al – Risalah ditahkik oleh Ahmad Muhammad Syakir, Dar al-Kutub al - ‘Ilmiyah, n.d., Bairut.

Asni, 2017, “Kearifan Lokal dan Hukum Islam di Indonesia, Al – ‘Adl, Vol. 10, No. 2.

Dahlan, M, 2013, “Islam dan Budaya Lokal: Adat Perkawinan Bugis Sinjai”, Jurnal Diskursus Islam, Vol. 1, No. 1, hlm. 20 – 35.

Matthes, Benjamin F. 1872, “Boeginesche Chrestomathie, Door BF Matthes: Uitgegeven Voor Rekening van Het Nederlandsch Gouvernement”, CA Spin & Zoon, Vol. 3.

Matthes, Benjamin Frederik, 1875, Over de Âdá’s of Gewoonten Der Makassaren En Boegineezen. Müller.

Mattulada, Latoa, 1985, “Satu Lukisan Analitis terhadap Antropologi Politik Orang Bugis.” Universitas Hasanuddin.

Mustafa, Zulhas’ari, 2019, “Mocera Tasi Ritual Among The Wotu Community In East Luwu.” Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id Vol. 08, No. 01.

Noorduyn, Jacobus, 1955, Een Achttiende-Eeuwse Kroniek van Wadjo: Buginese Historiografie. De Nederlandse Boek-en Steendrukkerij.

Noorduyn, Jacobus, 1968, Sejarah Agama Islam di Sulawesi Selatan dalam Panggilan Kita di Indonesia Dewasa Ini, Badan Penelitian Kristen, Jakarta.

Rahim, A Rahman, 2011, Nilai-Nilai Utama Kebudayaan Bugis, Ombak.

Rahman, Nurhayati, 2006, Cinta, Laut, dan Kekuasaan dalam Epos La Galigo: Perspektif Filologi dan Semiotik, La Galigo Press.

Raillon, François. “Christian Pelras, The Bugis, Oxford, Blackwell, 1996, 386 p., Index, Illustr.” In Annales. Histoire, Sciences Sociales, 54:781–84. Cambridge University Press, 1999.

Rasdiyanah, Andi, 1995, “Integrasi Sistem Pangngaderreng (Adat) Dengan Sistem Syari’at Sebagai Pandangan Hidup Orang Bugis Dalam Lontarak Latoa.” Disertasi, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

Sirry, Mun’im A, 1995, “Sejarah Fiqih Islam: Sebuah Pengantar.” Risalah Gusti, Surabaya.

Wekke, Ismail Suardi, 2013, “Islam dan Adat: Tinjauan Akulturasi Budaya dan Agama dalam Masyarakat Bugis” Analisis: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 13, No. 1.

Yunus, Abd Rahim, 2015, “Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Dan Kearifan Lokal (Konteks Budaya Bugis)”, Rihlah Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, Vol. 2, No. 01.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/aladl.v13i1.1643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Budiarti Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Adl was Indexed by:

Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]

View My Stats