PERAN KIAI DAN USTADZ DALAM PEMIKIRAN FIQH SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NAHDLAH MAKASSAR

Salahuddin Al Ayyubi

Abstract


Peran kiai dan ustadz dalam pemikiran fiqh santri dapat diketahui melalui metode yang digunakan dalam membangun pemikiran fiqh santri, faktor pendukung dan penghambat yang dapat menjadi strategi atau peluang kiai dan ustadz dalam membangun pemikiran fiqh santri, dan serta tahapan berpikir santri yang dimulai dari pembentukan pengertian, pendapat dan pembentukan keputusan (istinbath) yang menggunakan metode istinbath Nahdatul Ulama sesuai dengan pemikiran kiai dan ustadz di pondok pesantren yang menggunakan ajaran Ahl al-Sunnah wa ’l-Jamā’ah al Nahḍiyyah. Pemikiran fiqh santri belum dapat menduduki metode berpikir secara manhaj atau secara kontekstual dilihat pada kitab-kitab yang diberikan dalam membangun pemikiran fiqh santri hanya memberikan kitab Al-Sullam dan rīkh al-Tasyrī (sejarah pembentukan hukum Islam), sehingga masih minim pemikiran fiqh santri secara manhaj dan masih terarahkan pada pemikiran fiqh santri secara qauly.


Keywords


Kiai, Ustadz, Pemikiran, Fiqh

References


Amrizal, 2016, “Eksistensi Tradisi Kajian Kitab Kuning dalam Lingkup Perubahan Sosial (Studi Kasus di Pesantren Darun Nahdhah, Darel Hikmah, dan Babussalam)”, Jurnal Sosial Budaya, Vol. 13, No. 1.

Arifin, Ahmad. 2009, “Dinamika Pemikiran Fiqh dalam NU: Analisis atas Nalar Fiqh Pola Mazhab”, Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, Vol. XIII, No. 1.

Handayani, Iys Nur, 2018, “Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak”, Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 3 ,No. 2.

Mukhtaruddin, 2011, “Standarisasi Penguasaan Kitab Kuning (Studi di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, PPI API Magelang, dan PPI Al-Fadllu Kaliwungu)”, Jurnal Analisa, Vol. XVIII, No. 02.

Muqoyyidin, Andik Wahyun, 2014, “Kitab Kuning dan Tradisi Riset Pesantren di Nusantara”, Jurnal Kebudayaan Islam, Vol. 12, No. 12.

Ubaidillah, Ibnu dan Ali Rif’an, 2019, “Efektivitas Metode Al-Miftah Lil ‘Ulum dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Kitab Kuning pada Santri Madrasah Diniah”, Jurnal Piwulang, Vol. 2 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/aladl.v13i1.1730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Salahuddin Al Ayyubi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Adl was Indexed by:

Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]

View My Stats