PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA

Mashur Malaka

Abstract


Abstrak
Pasar Monopoli merupakan suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu produsen yang
menguasai pasar. Dengan kata lain satu penjual menguasai segala jenis penawaran.
Seseorang yang menguasai pasar monopoli disebut monopolois. Persaingan usaha dapat
menguntungkan konsumen dalam mendapatkan kualitas layanan yang lebih baik.
Perusahaan tidak dapat mengalahkan pesaing hanya karena harga tapi layanan berkualitas
juga merupakan fokus utama dalam mempertahankan pelanggan. Kondisi ideal dalam
pasar adalah apabila penjual dan pembeli mempunyai informasi yang sama tentang barang
yang akan di perjual belikan. Apabila salah satu pihak tidak mempunyai informasi seperti
yang di miliki oleh pihak lain maka salah satu pihak akan merasa di rugikan dan terjadi
kecurangan atau penipuan. Disaat konsumen mengalami kesulitan dalam menilai mutu
produk-produk yang ditawarkan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginannya ,
maka harga akan menjadi suatu acuan atau ukuran.
Kata kunci: praktek, monopoli, persaingan usaha, pasar, bisnis.

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/aladl.v7i2.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Mashur Malaka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Adl was Indexed by:

Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: aladl@iainkendari.ac.id

View My Stats