Teknik Periwayatan Hadis: Cara Menerima dan Meriwayatkan Hadis

Sulaemang Sulaemang

Abstract


Umat Islam telah sepakat bahwa hadis merupakan salah satu sumber ajaran islam. Ia menempati kedudukannya setelah Al-Qur’an. Keharusan mengikuti hadis bagi umat islam baik berupa perintah maupun larangannya, sama halnya dengan kewajiban mengikuti Al-Qur’an. Hal ini karena hadis merupakan mubayyin terhadap    Al-Qur’an, yang seharusnya siapapun tidak akan bisa memahami Al-Qur’an tanpa dengan memahami dan menguasai hadis. Begitu pula halnya, menggunakan hadis tanpa Al-Qur’an, karena Al-Qur’an merupakan dasar hukum pertama yang didalamnya berisi garis besar syariat. Dengan demikian, antara hadis dengan al-qur’an memiliki kaitan sangat erat, yang untuk memahami dan mengamalkannya tidak bisa dipisah-pisahkan atau berjalan sendiri-sendiri.

Oleh karena itu maka perlu diketahui Teknik Periwayatan Hadis dari Nabi terhadap sahabat, serta cara sahabat meriwayatkan hadis, sehingga kita dapat membedakan mana hadis shahih dan mana yang ditolak.

Nabi Muhammad SAW dalam kedudukannya sebagai nabi dan rasul Allah, telah berhasil membimbing umat kepada ajaran agama yang dibawanya. Walaupun ia sukses dalam membimbing umatnya, tetapi kehidupan sehari-harinya tetap sederhana, tidak jarang ia terlihat menjahit sendiri pakaiannya yang sobek dimana ia juga berstatus sebagai kepala rumah tangga yang hidup ditengah-tengah masyarakat.

Apabila kedudukan Nabi tersebut dilihat dan dihubungkan dengan bentuk-bentuk hadis yang terdiri dari sabda, perbuatan, taqrir dan hal ihwalnya, maka dapatlah dinyatakan bahwa hadis Nabi telah disampaikan oleh Nabi dalam berbagai cara. Pertama, Nabi menyampaikan hadisnya secara lisan dan perbuatan dihadapan orang banyak di masjid pada waktu malam dan subuh. Kedua, terkadang Nabi menyampaikan Hadisnya berupa teguran terhadap orang yang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan syariat. Ketiga, Nabi manyampaikan Hadisnya berupa jawaban atas pertanyaan dari sahabatnya. Keempat, dengan cara berupa permintaan penjelasan, berupa taqrir yang harus dicontohkan perbuatan Nabi yang menyangkut ibadah dan sebagainya.

Selanjutnya cara menerima dan meriwayatkan Hadis Nabi SAW. adalah suatu proses penerimaan hadis oleh seorang Rawi dari seorang gurunya, yang setelah dipahami, dihafal, dihayati, diamalkan, ditulis lalu disampaikan kepada orang lain sebagai murid dengan menyebutkan sumber pemberitaan riwayat tersebut.

Jadi ada tiga hal yang harus dipenuhi dalam periwayatan Hadis yakni, kegiatan menerima Hadis dari Periwayat hadis, kegiatan menyampaikan Hadis itu kepada orang lain, dan ketika Hadis itu disampaikan susunan rangkaian periwayatan disebutkan.

Keywords


Periwayatan, Hadis, Menerima Hadis

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pelita III, 1983.

Hasbi Shiddiqy Teungku Muhammad, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadis, Cet.IV; Edisi II; Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1999.

Ismail M.Syuhudi, Metodologi Penelitian Ilmu Hadis Nabi, Cet,I; Jakarta: PT.Bulan Bintang, 1992.

Majid Abdul Khon, Ulumul Hadis, Cet,I; Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2008.

Poerwardarminta, W.J.S. Kamus Bahasa Indonesia. Diolah kembali oleh PPPB DEPDIKBUD, Jakarta: Balai Pusataka, 1985.

Rahman, Fachur. Ikhtishar Mushthalah al-Hadis. Bandung: Alma ‘Arif, 1973.

Ranuwijaya, Ilmu Hadis, Cet,I; Jakarta: Gaya Media Pratama.1996.

Soetami, Endang, H. Ilmu Hadis. Cet. II; Bandung: Amal Bakti Press, 1997.

Watt, Montgomery, W. Muhammad Propet and Statemen. Diterjemahkan oleh M. Syuhudi Ismail: Kaedah Keshahihan Sanad Hadis Telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Ilmu Sejarah. Cet. II; Jakarta: Bulan Buntang, 1995.

Wensinck, A.J. Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh al-Hadis al-Habawi. Juz I, Leiden: E.J. Brill, 1936.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/aladl.v1i1.753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Sulaemang Sulaemang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Adl was Indexed by:

Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]

View My Stats