Pengembangan E-Learning Berbasis Learning Management System pada Mata Kuliah Media Pembelajaran
Abstract
Abstrak:
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-Learning berbasis
Learning Management Systems pada mata kuliah Media Pembelajaran di
Jurusan Tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari dan menyusun paket
konten e-Learning pada mata kuliah Media Pembelajaran. Learning
Management Systems merupakan aplikasi perangkat lunak yang digunakan
sebagai media pembelajaran online berbasis internet (e-learning). Penelitian
ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and
development) dengan model Barg and Gall. Penelitian ini diawali dengan
studi pendahuluan meliputi observasi dan wawancara. Kedua, pengembangan
desain e-learning pada mata kuliah Media Pembelajaran dapat diakses secara
online melalui alamat http://www.elearning-ambarsrilestari.web.id/. Ketiga,
ujicoba pada kelayakan dan kenyamanan produk pembelajaran berbasis web
dilakukan dengan ujicoba satu lawan satu, ujicoba kelompok kecil dan
ujicoba lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan sekitar 17% mahasiswa
dalam pengalaman penggunaan teknologi internet dalam kategori sangat baik.
Kemudahan mahasiswa dalam pemanfaatan akses internet ditemukan hanya
berkisar 15% dalam kategori sangat baik. Kebiasaan belajar menyangkut
penggunaan bantuan perangkat teknologi internet sebesar 30% mahasiwa
dalam kategori sangat baik. Dari kelayakan dan kenyamanan penggunaan elearning
ini sudah layak digunakan yaitu sebesar 36% dari nilai agreget 75%.
Penggunaan e-learning ini layak sebagai media alternative dan untuk
memperkaya pembelajaran tradisional dengan menyempurnakan komponen
lainnya. E-learning ini memerlukan gambar-gambar relevan dan video yang
memudahkan pemahaman terhadap isi e-learning. Materi atau isi e-learning
juga memerlukan elaborasi dan memaksimalkan fungsi dari sistem
manajemen pembelajaran, seperti untuk diskusi dan banyak interaksi.
Terakhir, validasi produk e-learning ini diujicoba oleh ahli materi dan media
dari beberapa aspek,yaitu aspek kualitas tampilan, penyajian materi, interaksi
pengguna, interaksi program media, desain komunikasi visual dan aspek
pembelajaran. Penelitian ini baru sampai pada tahap pengembangan
e-Learning dan penyusunan paket konten e-Learning, sehingga perlu
diadakan penelitian lanjutan untuk penelitian tindakan kelas.
Katakunci: Pembelajaran E-learning, Learning Management Systems
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v8i2.166
Copyright (c) 2015 Al-Izzah