REMAJA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Herman DM

Abstract


ABSTRACT
This study base on the behavior of young people which is tends to behave in the negative deeds.  One cause by the lack of religious and moral education  given by the parent. This study is qualitative research using interview, observation, and supporting documents (documentation), dan review of literature. The result show that the behaviors of young people in Samraasi village, the regency of Konawe generally is quite alarming. Various immoral acts reflect the deviant behavior, such as against the elderly, drinking alcohol, gambling and promiscuity. In order to prevent and solve that negative behavior, there are alternative strategies, giving religious education held by family and school, moral education. Besides it, it could increase many positive activities in sports and arts, etc. Such efforts can work effectively when supported and carried together teachers, parents and the members of community it selves.
Key Words: Young People, Islamic Education, Morality.

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala perilaku remaja yang cenderung
mengarah pada perilaku negatif. Salah satu penyebabnya adalah minimnya pendidikan agama dan pembinaan moral yang dilakukan oleh orang tua. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi, dan studi kepustakaan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa perilaku remaja di Desa
Samraasi Kec. Kapoiala Kabupaten Konawe menunjukkan gejala-gejala
yang cukup memprihatinkan. Berbagai tindakan amoral yang mencerminkan perilaku menyimpang seringkali terjadi seperti melawan orang tua, minumminuman keras, berjudi dan pergaulan bebas. Oleh
sebab itu, untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan tersebut ditempuh berbagai strategi alternatif, yakni melalui pendidikan Islam dalam keluarga, pembinaan moral. Disamping itu juga bisa dilakukan peningkatan aktifitasaktivitas positif, seperti olahraga dan kesenian
serta upaya-upaya lain untuk menghindarkan remaja berperilaku negatif. Upaya tersebut dapat berhasil dengan baik apabila didukung dan dilakukan secara bersama-sama oleh Guru, orang tua dan komponen masyarakat lainnya.
Kata Kunci: Remaja, Pendidikan Islam, Moral.

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v10i1.327

Copyright (c) 2016 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats