Penerapan Manajemen Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MIN Kendari

Rasmi Rasmi

Abstract


Abstract

This study aims to reveal about how the implementation of learning management to improve the competence of teachers in MIN  Kendari, how the forms teacher competence, and the factors that support and hinder the implementation of learning management to improve the competence of teachers. The result showed that the implementation of learning management to improve the competence of teachers in MIN Kendari not been implemented optimally in the planning stages of learning, organizational learning, learning implementation, evaluation of learning.  There factors supporting the implementation of learning management to improve the competence of teachers that is flexible and democratic principals in leading institutions, teachers have an average qualified Tier One and a few teachers qualified master, increased professionalism and competence of teachers that are specifically has been carried out by the head MIN Kendari to include teachers conduct seminars, workshops, training, availability of CCTV, LCD. While inhibiting factorss still the lack of availability of books supporting, the unavailability of rooms in the main learning laboratory science and language subjects, still lack the skills of teachers in the use of learning technology tools, the double post by teachers, teachers in addition to functional positions are also burdened with additional duty structural position.

 

Keywords: Management, Learning, Teacher Competency

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana penerapan manajemen pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kendari, bagaimana bentuk-bentuk kompetensi guru, dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat. Dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang sifatnya kualitatif deskriftif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah guru-guru dan staf tata usaha MIN Kendari, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, kemudian verifikasi atau penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan manajemen pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kendari belum terlaksana secara maksimal pada tahapan-tahapan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran. Dan bentuk-bentuk peningkatan kompetensi guru adalah Kelompok Kerja Guru (KKG), workshop, seminar. Serta ada beberapa faktor pendukung penerapan manajemen pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru yaitu kepala sekolah luwes dan demokratis dalam memimpin lembaga tersebut, memiliki tenaga pengajar yang rata-rata berkualifikasi Strata Satu (S1) dan beberapa guru berkualifikasi magister, peningkatan profesionalisme dan kompetensi guru yang sifatnya khusus telah dilakukan oleh kepala MIN kendari dengan mengikutsertakan guru-guru melakukan seminar, workshop, pelatihan-pelatihan, tersedianya CCTV, LCD. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih minimnya ketersediaan buku-buku pendukung, belum tersedianya ruangan labolatorium pembelajaran utamanya pada bidang studi IPA dan Bahasa, masih kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan alat teknologi pembelajaran, serta adanya rangkap jabatan oleh guru yaitu guru selain menduduki jabatan fungsional juga dibebani dengan tugas tambahan jabatan struktural.

 

Kata Kunci: Manajemen, pembelajaran,  kompetensi  guru    


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v11i1.435

Copyright (c) 2016 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats