PERBANDINGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN SIKAP PESERTA DIDIK DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SETS DAN KONVENSIONAL

Abdul Kadir

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to determine; 1) differences in environmental knowledge learners after treatment SETS and Conventional learning model, and 2) different attitudes learners environmental care after treatment SETS learning model and Conventional MTsN 1 Kendari. This research was conducted in MTsN 1 Kendari for three months in the second semester of the Academic Year 2014/2015. This research method is experimental with posttest control group design. Samples were students of class VII-2 (experimental class), and class VII-5 (control group). Other research instruments are tests of knowledge and attitude questionnaire valid and reliable. Data analysis technique used t-test at a significance level of 5% (after fulfilling the requirements of normality and homogeneity test). The results of this study showed that: 1) The level of knowledge of students who use the model of science learning insightful SETS higher than those using conventional learning model, and 2) Attitude pediuli environment of the learners who use the model of science learning insightful SETS better than conventional models MTsN 1 Kendari.

Keywords:  Learning Model SETS, Environmental Knowledge and                      Attitude of Students

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) perbedaan pengetahuan lingkungan peserta didik setelah perlakuan model pembelajaran SETS dan Konvensional, dan 2) perbedaan sikap peduli lingkungan peserta didik setelah perlakuan model pembelajaran SETS dan Konvensional di MTsN 1 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Kota Kendari selama tiga bulan pada semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penetian ini adalah eksperimen posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-2 (kelas ekksperimen) dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan dan angket/kuesioner sikap yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan t-test (a = 0,05) setelah memenuhi uji asumsi kenormalan dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SETS memiliki pengetahuan lingkungan lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (2) Peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SETS memiliki sikap peduli lingkungan yang lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajararan konvensional di MTsN 1 Kota Kendari. 

Kata Kunci:  Model Pembelajaran SETS, Pengetahuan Linkgungan dan Sikap Peserta Didik

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v11i2.451

Copyright (c) 2016 Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats