SELF DISCLOSURE DI MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA IAIN KENDARI (Suatu Kajian Psikologi Komunikasi Pada Pengguna Media Sosial)

Sri Hadijah Arnus

Abstract


Abstract

Increasing communications technology and information, allows someone did interpesonal communications through facebook. The research undertaken to determine the factors that pushed student of  IAIN Kendari perform self-disclosure on facebook and what topics that discusse  in self-disclosure. The research found that the informant wrote status in facebook because they feel relieved and not feel embarrassed devote their feelings than  face to face communication. Facebook also an event to show the existence of themselves to their friends, because through facebook can express who themselves shown to the audience by write status about all their activities without shame. The most  topics discussed in self disclosure with the unfamiliar friend of facebook is nature problem, but if discolsure conducted with close friend in facebook, then the discussed may up to stage opinions expressed or with idea involves feelings and emotions.

Key Word: Self Disclosure, Interpersonal Communication, Teeneger, Facebook

 

Abstrak

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang berbasis internet memungkinkan seseorang melakukan komunikasi interpesonal melalui media jejaring sosial facebook. Melihat tingkat penggunaan  facebook yang cukup tinggi pada usia remaja maka dilakukanlah penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mendorong  mahasiswa IAIN Kendari melakukan self disclosure di  facebook dan topik-topik apa saja yang dibicarakan pada saat melakukan self disclosure tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mendorong informan menuliskan status di facebook karena mereka merasa lebih lega dan tidak merasa malu mencurahkan perasaan mereka dibandingkan dengan cara face to face. Facebook juga sebagai ajang untuk menunjukkan eksistensi diri kepada teman-teman mereka, karena lewat facebook mereka dapat mengekpresikan siapa diri mereka kepada khalayak luas dengan cara menuliskan status tentang semua aktivitas mereka, maupun kelebihan-kelebihan yang ada pada mereka tanpa merasa malu. Sebagian besar topik-topik yang paling sering dibicarakan pada saat melakukan self disclosure dengan teman-teman facebook yang tidak dekat adalah hal-hal yang sifatnya basa-basi, akan tetapi apabila self discolsure dilakukan dengan teman facebook yang memiliki hubungan yang akrab, maka topik-topik yang dibicarakan dapat sampai kepada tahap menyatakan pendapat atau gagasan dengan melibatkan perasaan dan emosi.

Kata Kunci: Self disclosure, Komunikasi Interpersonal, Remaja, Facebook.

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v11i2.459

Copyright (c) 2016 Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats