Ragam Tulis Teks Bahasa Arab (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Kegurua (FTIK) IAIN Kendari

Wa Muna

Abstract


Abstract

The problem of this research is the variety of writing Arabic, the obstacles faced by students and effort done by lecturer to solve the problem in writing Arabic. The results showed that variety in writing Arabic arestudent in high skill is 18.6%, skill enough is 25.3%, sufficiently skill is 16,8%, less skill is 25,9% and unskill is 13,4%. Obstacles faced by students in the internal 1 factor: lack of interest and motivation to write and practice inwriting Arabic, inadequate capabilities, lack of awareness of the importance of studying Arabic, many students can not read the al-Qur’an according to the rules. Wheras external factors are no course and guidance, writing without supporting of adequate situations, writing without understading the meaning but to the grammar. Efforts made are there must be a placement test, review curriculum, uniformity systematic learning materials, courses in particular, provide the motivation to learn Arabic.

Keywords: variety writing, Arabic text.

 

Abstrak

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana ragam tulis teks Bahasa Arab, Kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa dan upaya-upaya yang dilakukan dosen untuk mengatasi Kendala mahasiswa dalam merangkai kata dan menulis teks Arab. Hasil penelitian menunjukan ragam Tulis Teks Bahasa Arab dikategorikan berikut: sangat terampil  16 orang  atau 18,6 %,. terampil 31 orang atau 25,3%.,cukup terampil  20 orang  atau 16,8 %, kurang terampil 30 orang 25,9 %, Dan yang  tidak terampil 22 orang atau 13,4 %. Kendala yang dihadapi mahasiswa berupa faktor internal, yaitu kurangnya minat dan motivasi untuk  menulis dan latihan menulis bahasa Arab, kemampuan dasar kurang memadai, kurangnya kesadaran akan pentingnya mempelajari bahasa Arab, masih  banyak mahasiswa yang belum bisa membaca al-Qur’an sesuai kaidah. 2. Faktor eksternal: tidak ada mata kuliah dan bimbingan khusus, proses latihan menulis tanpa dukungan situasi yang memadai, menulis  tanpa  pemaknaan, tetapi terpaku pada tata bahasa. Upaya yang dilakukan adalah harus adaplacement test, peninjauan kurikulum, keseragaman sistematika materi pembelajaran, diajarkan pada  mata kuliah khusus, dan motivasi untuk belajar bahasa Arab.

Kata Kunci: Ragam Tulis, Teks Bahasa Arab.

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v11i2.460

Copyright (c) 2016 Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats