The Role of Islamic Boarding Schools in Preventing Radicalism in Polewali Mandar Regency
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Rosyida Nurul, ‘Penanaman Nilai-Nilaiislam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme’, Al Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 4.2 (2021), 155–63
Badan Pengembangan Bahasa dan Pembukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indosesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, V (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaanv RI, 2016)
Chrisantina, Vita Santra Kusuma, Efektivitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, vol. 5, no. 2, (Desember 2021), h. 84-85.
Darmadji, Ahmad, ‘Pondok Pesantren Dan Deradikalisasi Islam Di Indonesia’, Millah, 11.1 (2011), 23552
Derung, Teresia Noiman,‘ Interaksionisme Simbolik Dalam Kehidupan Bermasyarakat, (2017), .
Firmansyah, Hery, ‘Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Terorisme Di Indonesia’ Mimbar Hukum, (2011) < https://journal.ugm.ac.id/jmh/article/view/16193/10739>.
Hamruni, Hamruni, and Ricky Satria W., ‘Eksistensi Pesantren Dan Kontribusinya Dalam Pendidikan Karakter’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13.2 (2017), 197–210
Hermawan, Yudi Candra, Wikanti Iffah Juliani, and Hendro Widodo, ‘Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam’, Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10.1 (2020), 34
Halim A, Mahyuddin, ‘Modal Sosial Dan Integrasi Sosial: Asimilasi Dan Akulturasi Budaya Masyarakat Multikultural Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat’, 2019, < http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/kuriositas>.
Idris, Usman Muhammad, ‘Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam ((Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, Dan Perkembangannya Masa Kini)’, Al Hikmah, XIV.1(2013),101109.
INDONESIA, PEMERINTAH REPUBLIK, UNDANG-UNDANG RI NO 20 TH 2003, News.Ge, 2003
Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas , ‘Po La Pe n d Id Ikan Ke Agam Aan Pe s an Tre n d an Rad Ikalis m E : Stu d i Kas u s Pe s an Tre n-p e s an Tre n d i Pro Vin s i Jam Bi Ayu b Mu Rs Alin Ibn u Kats Ir Institut Agam a Islam Negeri (IAIN) Sulthan Thaha Saifuddin J Am Bi’, 25.2 (2010), 255–90
Kartono, Kartono, ‘Respon Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Terhadap Hasil Pengembangan Soal Online Menggunakan Google Form Sebagai Implementasi Belajar Dari Rumah’, Visipena, 11.2 (2020), 393–403
Malik, Abdul, Ajat Sudrjat, and Farida Hanum, ‘Culture of Pesantren Education and Radicalism 1)’, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4.2 (2016), 103–14
Rahayu, Tesa Esti, ‘Respon Siswa Sekolah Dasar Terhadap Program Belajar dari Rumah (BDR) di Tvri, Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,20221.
Rasyid, Abd, Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran Santri (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani dan Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Polewali Mandar Sulawesi Barat), 2020, < http://etheses.uin-malang.ac.id/21744/>.
Taufik Hidayat Pabbajah, Peran Pondok Pesantren Salafiyah Terhadap Revitalisasi Pendidikan Islam (Studi Pada Pondok Pesantren Salafiyyah Parappe, Campalagian, Polman), Jurnal Ilmiah Pendidikan, (2020),
Nada, Sahma, Afifah Ekaprasetya, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari, ‘Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Generasi Millenial Di Era Globalisasi Melalui Pancasila’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.3 (2021), 7853–58
NovaListanti, Ayuan, and Desi Nurhikmahyanti, ‘Rekrutmen Dan Seleksi Guru Di SMA Al-Islam Krian’, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4.4 (2014), 98–107
Syaifuddin, Lukman Hakim, Moderasi Beragama,. Cet. I; Jakarta Pusat: PT. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.
Syamsurijal, Santri Yang Berdamai Dengan Tradisi Lokal: Melongok Moderasi Beragama Di Lingkungan Pesantren Salafi, MIMIKRI:Jurnal Agama dan Kebudayaan, Vol. 6, No. 1 Juni( 2020), 36 – 57< https://blamakassar.e-journal.id/mimikri/article/download/347/255/>
Suparta, Mundzier, Suhada Suhada, and Taufik Abdillah Syukur, ‘Transformasi Pondok Pesantren Dalam Menanggulangi Radikalisme Agama Pada Pondok Pesantren Daerah Penyangga Ibu Kota Jakarta’, Hikmah: Journal of Islamic Studies, 14.1 (2018), 1
Surono, Kabul Aris, ‘Penanaman Karakter Dan Rasa Nasionalisme Pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka Di Smp N 4 Singorojo Kabupaten Kendal’, Indonesian Journal of Conservation, 6.1 (2018), 23–30
Sutanto, Sandra Handayani, and Defi Lugito, ‘Membangun Karakter Anak Melalui Kebiasaan Membaca’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4.November (2021), 814–18
Susanto, Edi, “Kemungkinan Munculnya Paham Islam Radikal Di ‘Pondok Pesantren’”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 2 (1). .
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v0i0.5961
Copyright (c) 2023 SULKIFLI SULKIFLI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.