HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MEDIA PEMBELAJARAN (Survei pada Mahasiswa STAIN Kendari)
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang “pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar media pembelajaran”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar media pembelajaran, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar media pembelajaran, 3) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar media pembelajaran.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bersifat korelasional karena penelitian ini berusaha untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Dari hasil analisis korelasi dan regresi sederhana diketahui bahwa terdapat hubungan positif antara pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar media pembelajaran mahasiswa. Hal ini berarti semakin sering/ positif pemanfaatan media pebelajaran, semakin tinggi hasil belajar media pembelajaran yang dicapai.
Begitu pula sebaliknya semakin tidak sering pemanfaatn media pembelajaran semakin rendah hasil belajar media pembelajaran yang dicapai. 2) Hasil analisis korelasi dan regresi sederhana menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar media spembelajaran mahasiswa. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa semakin baik pula hasil media pembelajaran yang dicapai. Begitu pula sebaliknya semakin rendah motivasi belajar mahasiswa maka semakin rendah hasil belajar yang dicapai. 3) Dari hasil analisis korelasi dan regresi ganda diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan media pembelajaran (X1) dan motivasi belajar (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar media pembelajaran (Y). Kadar hubungannya dapat dilihat pada harga koefisien korelasi (R ry1.2) = 0,79837. Dari harga tersebut diperoleh harga
koefisien determinan sebesar (0,79837)2 = 0,63739. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 63,74% variansi dalam variabel Y dapat dijelaskan oleh variabel X1 dan Variabel X2 melalui regresi Ỳ = 10,6384+ 0,09791+0,1159X2. 4) Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa ketiga hipotesis penelitian yang diajukan diterima.
Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar media
pembelajaran. Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar media pembalajaran. Hipotesis ketiga menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar media pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Full Text:
pdfDOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v8i1.84
Copyright (c) 2015 Al-Izzah