PENERAPAN THARIQAH Al-QAWAID WA Al-TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWARAH WAWOLEMO SULAWESI TENGGARA

Beti Mulu

Abstract


Penelitian ini berjudul Penerapan Thariqah Al-Qawaid Wa
Al-Tarjamah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren
Al-Munawwarah Wawolemo Sulawesi Tenggara.
Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana desain materi,
desain metode, prosedur dan teknik, penggunaan media pembelajaran,
serta faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat penerapan
thariqah al-qawaid wa al-tarjamah yang diterapkan dalam pembelajaran
Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Munawwarah Wawolemo Sulawesi
Tenggara.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Artinya,
penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan situasi sosial di lokasi
penelitian, khususnya Penerapan Thariqah Al-Qawaid Wa Al-Tarjamah
dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan
pedagogis dan linguistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data
dengan menggunakan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema
budaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan thariqah al-qawaid
wa al-tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab efektif digunakan untuk
memahami kitab Alquran dan kitab kuning dengan desain materi
bedasarkan tujuan pembelajaran, kondisi kemampuan dasar bahasa santri,
menyesuaikan dengan fasilitas yang tersedia, memperhatikan tahapantahapan
materi. Desain metode berdasarkan pada pendekatan analisis
dengan motif pemahaman secara struktural kebahasaan, penggunaan tata
bahasa dan praktek terjemahan. Prosedur dan teknik pelaksanaannya
malalui tahapan pembelajaran kaidah nahwiyah, pembelajaran kaidah
sharfiyah, dan tahap analisa dalam tathbiq. Media yang digunakan masih
terbatas pada media bashariyah (visual aids) dan media materi cetak
(mathbuah).
Penerapan thariqah al-qawaid wa al-tarjamah dalam pembelajaran
bahasa Arab terlaksana atas dukungan pimpinan pondok pesantren sebagai
penentu kebijakan pada Madrasah Diniyah, Mesjid sebagai pusat kegiatan

dan pembelajaran, santri, Kiai/guru bahasa Arab sebagai komponen
terpenting penentu keberhasilan pembelajaran.
Kata Kunci : Thariqah, Al-Qawaid Wa Al-Tarjamah, Bahasa Arab


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v8i1.86

Copyright (c) 2015 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats