IMPLEMENTASI PROFESIONALISME PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

St. Hasniaty Gani Ali

Abstract


Penelitian ini berjudul Implementasi Profesionalisme Pengawas
Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam ( Studi
Tentang Pengelolaan Pembelajaran pada MAN di Provinsi Sulawesi
Tengara). Pokok permasalahan adalah bagaimana implementasi
profesionalisme pengawas dalam meningkatkan kreativitas guru
pendididkna agama Islam (Studi tentang pengelolaan pembelajaran pada
MAN di Provinsi Sulawesi Tenggara).
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dalam
menghimpun data lapangan penulis menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Kemudian masalah ini dilihat dari
pendekatan multi disipliner yaitu: pendekatan pedagogik, psikologis,
sosiologis, teologis normatif serta menejemen, dengan analisis data
kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan secara sistimatis, faktual dan
akurat, kemudian data tersebut disimpulkan secara induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan
profesionalisme pengawas dalam meningkatkan kreativitas guru PAI telah
terlaksana meskipun belum maksimal. Indikatornya adalah, dalam
melaksanakan pembinaan kepada guru agama pada bidang perencanaan
hanya 6 orang (60%), pada bidang proses pembelajaran hanya 7 0rang
(70%), penggunaan media 4 orang (40%), pada bidang evaluasi hanya 4
orang (40%) dari 10 orang pengawas yang diamati, sehingga berdampak
pada kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran.

Kata Kunci : Profesionalisme Pengawas, Kreativitas Guru, Pengelolaan
Pembelajaran


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v8i1.90

Copyright (c) 2015 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats